Pengurus Organda Wilayah DOB Dikukuhkan, Ini yang Diharapkan DPP

Edi Siswanto
Kepengurusan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Periode 2023 - 2028 di provinsi baru yakni Papua Selatan dan Papua Pegunungan dikukuhkan. Foto : iNewsJayapura.id/Edi Siswanto

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Kepengurusan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Periode 2023 - 2028 di provinsi baru yakni Papua Selatan dan Papua Pegunungan dikukuhkan.  Pengukuhan kepengurusan dilakukan di Kota Jayapura, Papua, Selasa (8/8/2023) sore.

Sekjen DPP Organda Ateng Aryono kepada awak media mengatakan, kepengurusan Organda bagi Provinsi baru di Papua penting dilakukan untuk mengcover penyedia jasa angkutan jalan darat di Provinsi baru tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan untuk itu dengan dikukuhkannya struktur pengurus Organda di Provinsi baru, dan alhamdulillah sudah kita lakukan hari ini," ucap Ateng.

Diakuinya, meski saat ini transportasi udara yang menjadi moda andalan untuk menjangkau wilayah-wilayah di Provinsi baru tersebut, namun kedepan seiring perkembangan wilayah maka moda transportasi darat pasti dibutuhkan warga.

"Memang kalau menggunakan Pesawat bisa spot by spot, namun kedepan transportasi darat akan juga diperhitungkan, dan menjadi tugas pengurus Organda diwilayah ini untuk turut mengcover. Karena transportasi udara ada kalanya terjadi gangguan yang mengakibatkan tidak bisa beroperasinya angkutan udara, sementara kalau di jalan meski jalannya rusak masih bisa melayani,"ungkapnya.

Lebih lanjut diakuinya, tantangan bagi pengurus Organda di Provinsi baru adalah sektor keamanan penyedia jasa angkutan, yang dikatakan masih terjadi gangguan-gangguan keamanan hingga hari ini.

"Harapan kami kedepan masyarakat semakin memahami pentingnya transportasi darat, dan kita yakini jika masyarakat sudah demikian maka niatan Organda tidak akan bertepuk sebelah tangan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky Douglas Ambrauw dalam kesempatan tersebut mengatakan dengan terbentuknya Organda di provinsi baru, maka dapat memperpendek rentan kendali persoalan transportasi di Papua.

"Dalam artian yang biasanya pengurus Organda di Papua harus bolak- balik untuk mengurusi transportasi darat di wilayah itu, kini sudah tidak lagi, mereka sudah bisa menngcover sendiri," kata Recky.

Dirinya berharap pengurus Organda di Provinsi baru bisa lebih aktif untuk membantu angkutan transportasi diwilayah itu. Meski begitu, pihaknya selaku perwakilan pemerintah tetap akan membantu berbagai persoalan yang terjadi.

"Organda adalah salahsatu mitra kita, sehingga kami tentu mengapresiasi kinerja yang telah diberikan. Dan kepada mitra-mitra kami yang lain, seperti dari Kepolisian dan lainnya. Kami bersama mitra hanya ingin memastikan pelayanan yang baik kepada publik," pungkasnya.

Untuk diketahui, pengurus DPD Organda yang telah dilantik adalah, untuk Provinsi Papua Selatan Mulyono Labula, Provinsi Papua Pegunungan adalah Eko Purnomo. Sementara DPD Organda Provinsi Papua Tengah belum dilantik.

Selain pelantikan pengurus, dalam acara tersebut juga dilakukan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) DPD Organda  se Papua Tahun 2023.

Hadir dalam acara tersebut , Ketua DPD Organda Papua Iwan Siswanto, Sekretaris DPD Organda Papua dr. Raflus Doranggi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura Justin Sitorus dan pengurus Organda di Tiga Provinsi baru di Papua serta jajaran pengurus DPD Organda Papua.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network