get app
inews
Aa Read Next : Kantor KPU Papua Pegunungan Terbakar, Polres Jayawijaya Lakukan Penyelidikan

Rekapitulasi Tingkat Provinsi Papua Pegunungan, Prabowo Gibran Raih Suara Terbanyak di Yalimo

Selasa, 12 Maret 2024 | 11:26 WIB
header img
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Papua Pegunungan dari Kabupaten Yalimo. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id – Kabupaten Yalimo menjadi daerah kedua yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi Papua Pegunungan, setelah digelar, Senin (11/3/2024) di salah satu Hotel di Wamena. Usai kabupaten pertama yang telah selesaikan pleno di tingkat provinsi yaitu Mamberamo Tengah pada Kamis (7/3/2024).

Saat sidang pleno berlangsung, Komisioner KPU Kabupaten Yalimo, Sofion Walilo saat membacakan berita acara dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi, pada pasangan calon presiden dan wakil presiden di tingkat Kabupaten Mamberamo Tengah berdasarkan formulir D hasil kecamatan.

Dari hasil rekapitulasi, pasangan calon nomor urut 02 (Prabowo-Gibran) memperoleh suara tertinggi di Kabupaten Yalimo.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh 10.718 suara, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh 70.540 suara, dan pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 10.963 suara,” ucap Sofion Walilo saat membacakan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi, Senin (11/3/2024).

Total pengguna hak pilih 92.221 yang terdiri dari laki-laki 49.102 dan Perempuan 43.119. Jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Laki-laki 49.102 dan Perempuan 43.119 Jumlah 92.221 pemilih. Jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tambahan (DPTB) Nol, jumlah hak pilih dalam daftar pemilih khusus (DPK) Nol. Sedangkan jumlah pengguna daftar pemilih khusus laki-laki 0 dan Perempuan 0, jumlah pengguna hak pilih B1+B2+B3 total 92.221.

Daftar pengguna hak suara, jumlah surat suara yang diterima termasuk surat suara Cadangan 2 persen dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 94.281, jumlah surat suara yang digunakan 92.221, jumlah surat suara yang dikembalikan oleh pemilih karena rusak atau belum coblos 0 (Nol), jumlah surat suara yang tidak digunakan atau tidak terpakai termasuk sisa surat suara Cadangan 2.060.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga berharap agar segera diselesaikan, mengingat waktu pleno di tingkat provinsi pada 14 Maret 2024 harus selesai dilakukan bagi semua kabupaten.

Dia menyatakan, jika kendala yang dialami KPU kabupaten yang belum juga selesaikan plenonya, salah satunya kesulitan dalam menginput data manual ke SIREKAP karena persoalan jaringan internet.

"Sehingga ada beberapa kabupaten yang melakukan input di Jayawijaya, tetapi kami tetap harapkan segera diselesaikan dan kemudian untuk semua kabupaten bisa dibacakan di tingkat KPU RI," ujarnya.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut