Selesai Direvitalisasi, Pasar Kambala akan Jadi Sentra Ekonomi Distrik

Dedy Rumangun
Pasar Kambala yang terletak di Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana, Papua Barat selesai direvitalisasi. Foto : iNewsJayapura.id/Dedy Rumangun.

KAIMANA, iNewsJayapura.id - Revitalisasi Pasar Rakyat Kambala yang terletak di Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana, Papua Barat telah selesai dikerjakan.

Proses revitalisasi tersebut bersumber dari Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (TP APBN) tahun 2022 Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) senilai Rp3 Milyar.

Bupati Kaimana, Freddy Thie mengatakan, revitalisasi pasar Kambala sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana.

"Ini bagian dari upaya menjalankan visi menjadikan Ibukota Distrik sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kaimana,’’ kata Bupati, Selasa (24/1/2023).

Ia menjelaskan bahwa sudah saatnya Pemerintah melakukan transformasi ekonomi di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Kaimana.

"Pertumbuhan ekonomi tidak bisa hanya berputar di kota saja, kita sudah harus buka akses ke semua Distrik yang ada di Kaimana agar bisa merata dan masyarakat mendapatkan dampak kesejahteraannya,’’ ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun 2023 akan dibangun  pasar rakyat di Kampung Tanusan Distrik Arguni Bawah.

"Tahun ini saya sudah terima undangan koordinasi, untuk pembangunan pasar rakyat di Tanusan Distrik Argunia Bawah dengan alokasi yang sama (Red: TP. APBN Kemendag RI),’’ jelasnya.

Ia berharap kedepan pembangunan pasar rakyat dapat dibangun di setiap ibukota Distrik yang ada di Kabupaten Kaimana.

"Karena ini sejalan dengan visi Pemerintah, kami terus menjaga komunikasi dan sinergitas dengan Kemendag RI agar kalau bisa kedepan semua Distrik bisa kita bangun pasar rakyat,’’ kata Bupati.

Ia menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah saat ini tidak terlepas dari doa dan dukungan dari masyarakat.

"Sebagai orang yang percaya, saya kira ini semua karena campur tangan Tuhan atas doa dan dukungan dari masyarakat semu serta berbagai kerja tim yang solid untuk bangun daerah ini,’’ ujarnya.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network