Pucuk Pimpinan Kodam Cenderawasih Berganti, Dijabat Jenderal Kopassus Mayjen TNI Isak Pangemanan

Donald Karouw
Mayjen TNI Izak Pangemanan, seorang jenderal bintang dua asal Kawanua, Sulawesi Utara, akan kembali bertugas di Tanah Papua sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih.

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Mayjen TNI Izak Pangemanan, seorang jenderal bintang dua asal Kawanua, Sulawesi Utara, akan kembali bertugas di Tanah Papua sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih. Mutasi ini termasuk dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 yang melibatkan 172 perwira. Sebelumnya, Mayjen Izak Pangemanan menjabat sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kaskogabwilhan III).

Mayjen TNI Izak Pangemanan bukanlah orang baru di Papua. Dia pernah menjadi Danrem 172 PWY selama 2 tahun di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan pada periode 2020-2022. Sebelumnya, Sang Jenderal Kopassus ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Militer XVII Cenderawasih pada periode 2015-2017.

Karier militer Mayjen Pangemanan cukup mentereng. Izak Pangemanan merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990 dari kecabangan Korps Perhubungan dan selanjutnya mengikuti kecabangan Infanteri (Kopassus). Izak pernah menjabat Danrup 3/Sandha Kopassus pada periode 2011-2013 serta memiliki sejumlah jabatan strategis lainnya di Kopassus seperti Danden 1 Yon 44 Grup 4, Kasiops Grup 3 Sandha, Wadanyon 33 Grup 3, Panbandyalat Sops, Danyon 32 Grup 3, Dansatdik Sesandha, Kadepsus Pusdikpassus, dan Wadan Grup 3 Sandha.

Mayjen Izak Pangemanan juga terlibat dalam beberapa operasi di Papua, seperti Satgas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN-5 Papua, Satgas BAN-10 Papua, Satgas BAN-11 Papua, dan Koordinator Daerah (Korda) Papua Kementerian Pertahanan (Kemhan). 

Dengan pengalaman dan latar belakangnya yang luas, dia diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih.


 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network