Kasus DBD Meningkat, Perindo Nabire Berinisiatif Laksanakan Fogging Pengasapan di Wilayah Malompo

Wendy Eko
Fogging atau pengasapan area demam berdarah di Kompleks Malompo, Kelurahan Nabarua, Distrik Nabire. Foto: Wendy Eko

NABIRE, iNewsJayapura.id - DPD Partai Perindo Nabire bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire berinisiatif melaksanakan fogging atau pengasapan area demam berdarah di Kompleks Malompo, Kelurahan Nabarua, Distrik Nabire, Kamis (03/08/2023).

Kegiatan fogging DBD ini merupakan permintaan dari warga setempat menyikapi lonjakan kasus demam berdarah di kelurahan tersebut. Sekretaris DPC Perindo Nabire, yang juga anggota DPRD Nabire, Musa Malisa menjelaskan, sepanjang 2023 mereka sudah tiga kali melakukan fogging di Nabarua.

"Kami lakukan fogging di RT 6 pada Maret, RT 11 pada April, dan kini RT 9 dan 10 pada Agustus. Kami langsung berkoordinasi dengan dinas kesehatan guna membantu warga yang terdampak penyebaran DBD," ungkapnya.

Musa Malisa menghimbau, jika ada lonjakan kasus serupa, warga segera melapor ke puskesmas atau kepada dirinya. Nanti pihaknya akan segera mengurus kerja sama dengan dinas kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Menurutnya, selain fogging, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting dalam pencegahan penularan DBD di Kabupaten Nabire, khususnya di Kompleks Malompo.

Sementara itu, penanggung jawab DBD Puskesmas Nabarua, Marlintiana Bian, menjelaskan kasus DBD di kompleks itu terus meningkat. Puskesmas mencatat ada 70 kasus DBD di Nabarua sejak Januari hingga Agustus 2023.

"Kasus sempat menurun pada Mei, namun kembali meningkat drastis pada Juni hingga Agustus. Kami sudah lakukan fogging kedua kalinya di RT 9," paparnya.

Puskesmas pun menghimbau warga terus menjaga kebersihan dan bekerja sama demi cegah lonjakan kasus DBD di masa mendatang. Dengan bantuan dari DPD Perindo Nabire, harapannya warga Nabire makin waspada dan area pemukiman lebih sehat.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network