DPRD Mamteng Minta Jangan Ada Lagi yang Memperkeruh Suasana di Mamberamo Tengah Soal Pj. Bupati

Fredy Nuboba
Ketua DPRD Mamteng, Hengki Dani Yikwa, didampingi ketua Fraksi Gabungan Mamteng Bersatu, Barend Sibak (Paling kanan), ketua Fraksi Demokrat, Marmin Jikwa (kedua dari kiri) dan anggota Fraksi Demokrat Theo Baminggen saat memberikan keterangan. Foto: Fredy

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - DPRD Mamberamo Tengah telah menggelar sidang paripurna pengumuman pengusulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah masa Jabatan 2018-2023.

Selain itu DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah juga telah mengusulkan tiga nama calon Penjabat Bupati Mamberamo Tengah kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri melalui Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan.

Ketua DPRD Mamberamo Tengah, Hengki Dani Yikwa sampaikan ada tiga nama yang diusulkan ke pemerintah pusat untuk digodok dan dipilih menjadi Penjabat Bupati Mamberamo Tengah.

Pengusulan ketiga nama calon penjabat bupati menurut Hengki Yikwa sudah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

“Sesuai dengan prosedur, DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah sudah mengusulkan tiga nama calon penjabat bupati ke pemerintah pusat dan saat ini tinggal pemerintah pusat yang menggodok dan memilih salah satu dari ketiga nama yang diusulkan tersebut,” jelasnya kepada awak media di Kota Jayapura, Rabu (06/09/2023).

Adapun tiga nama calon penjabat bupati yang diusulkan ke pemerintah pusat sesuai surat edaran Mendagri yaitu Mesir Yikwa yang saat ini menjabat sebagai Sekda Mamteng. Kemudian Manogar Sirait yang saat ini menjabat sebagai Sekda Mamberamo Raya dan Amar Pagawak.

Hengki Yikwa mengatakan, dari Pemprov Papua Pegunungan dalam hal ini Penjabat Gubernur Papua Pegunungan juga ada mengusulkan tiga nama calon. Namun sayangnya, ada oknum yang mengatasnamakan masyarakat Mamberamo Tengah yang mengklaim salah satu calon yang diusulkan oleh Pemprov Papua Pegunungan yang direstui masyarakat untuk diangkat sebagai penjabat bupati.

“Gubernur juga ada usul tiga nama dan salah satu dari ketiga nama tersebut, merasa diri dan menyampaikan bahwa dia penjabat Bupati Mamberamo Tengah. Parahnya lagi sekelompok orang yang mengatasnamakan masyarakat Mamberamo Tengah menyatakan bahwa si ini yang penjabat bupati. Padahal sebenarnya mereka tidak mewakili masyarakat karena mereka hanya sebagian kecil warga,” bebernya.

Terkait hal tersebut, dirinya meminta agar tidak ada oknum-oknum yang memperkeruh suasana dengan mengklaim sebagai Penjabat Bupati Mamberamo Tengah. Sebab menurut Hengky Yikwa, DPRD Kabupaten Mamteng sudah mengirimkan tiga nama dan saat ini kewenangan ada di tangan pemerintah pusat,siapa yang di putuskan pemerintah pusat itulah Penjabat Bupati Mamberamo Tengah.

Senada dengan itu, ketua Fraksi Demokrat DPRD Mamberamo Tengah, Marmin Jikwa mengatakan bahwa pengusulan tiga nama calon penjabat bupati dilakukan pimpinan DPRD Mamteng berdasarkan surat ederan Mendagri tertanggal 21 Juni 2023.

“Dewan sudah mengusulkan tiga nama ke pemerintah pusat sesuai dengan surat ederan yang diterima. Kami merupakan keterwakilan masyarakat dari lima distrik dan representasi rakyat, sudah mengusulkan sehingga tidak ada gesekan di tengah masyarakat,” jelas Marmin Jikwa.

Dikatakan, proses pengusulan tiga nama calon penjabat bupati ke pemerintah pusat juga merupakan proses resmi yang dilakukan oleh lembaga resmi.

Terkait hal itu, Marmin Jikwa mengimbau seluruh masyarakat Mamberamo Tengah untuk tetap tenang dan menjaga Kamtibmas di Mamberamo tengah tetap kondusif. Sebab tiga nama yang diusulkan merupakan putra terbaik Mamberamo Tengah.

Sementata itu ketua Fraksi Gabungan Mamteng Bersatu, Barend Sibak menyatakan Fraksi Gabungan Mamteng Bersatu, sepakat dan mendukung, apa yang sudah diusulkan oleh ketua DPRD.

“Surat edaran dari Mendagri itu jelas. Tapi kalau ada yang punya pemikiran lain, itu sah-sah saja. Namun dari surat ederan Mendagri yang berhak mengusulkan yaitu ketua,” tambahnya.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network