Kapolres Kaimana Ciptakan Laboratorium Tani, Hasil Penelitian Akan Dikembangkan Kepada Masyarakat

Dheddy Rumangun
Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawan saat melakukan penelitian tentang pertanian

KAIMANA, iNewsJayapura.id - Kapolres Kaimana, AKBP Gadug Kurniawan secara diam-diam telah melakukan penelitian tentang pertanian melalui kembunya yang Ia sebut sebagai laboratorium. Dari hasil penelitian tersebut akan di teruskan kepada masyarakat nantinya.

AKBP Gadug Kurniawan yang kini menjabat sebagai kapolres di Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat ini ternyata secara diam-diam telah melakukan penelitian tentang pertanian.

Dari hasil penelitian yang telah Ia kembangkan hampir setahun itu nantinya akan diteruskan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik.

Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan hingga meracik berbagai macam pupuk yang berasal dari alam dan sisa-sisa makanan, kotoran hewan serta mencampurkan berbagai jenis air hingga menghasilkan pupuk yang baik untuk tanaman.

Saya lahir dari keluarga petani dengan dua bersaudara. Kami dari kecil sudah terbiasa dengan cara bertani dan mengelola ternak. Penelitian yang saya lakukan saat ini secara pribadi hanya untuk menjadi percobaan dalam penelitian.

Namun jika berhasil maka akan saya teruskan kepada masyarakat untuk di gunakan agar bisa menghasilkan kualitas sayur dan buah yang subur bagus, "ungkap Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawan saat di temui di halaman kebunnya.

Gadug juga menjelaskan bahwa dalam penelitian saat ini dirinya belajar menggunakan ilmu yang ia tekun dari masa kecilnya dan juga yang ia pelajari dari menonton youtube dan di kembangkan sendiri.

"Yah, sambil mengisi waktu kosong saya biasanya membuka youtube untuk mempelajari bagaimana cara meracik pupuk dan bagaimana cara mengolah sebagainya untuk bisa menghasilkan tanaman yang subur dan segar, " Unjarnya.

Dia juga menambahkan, untuk saat ini dirinya sedang belajar dengan bagaimana menanam sayur dan buah-buahan tanpa menggunakan tanah, tapi menggunakan segalanya yang ada pada alam seprti daun pohon yang saat ini sedang dia lakukan.

"Kami juga berencana dalam waktu dekat akan melakukan percobaan penanaman bawang di daerah tanggaromi dengan menggunakan batang pisang. Semoga semua bisa berjalan dengan baik untuk membantu masyarakat.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network