Canangkan Ketahanan Pangan, Pj. Bupati Jayawijaya Ajak Masing-masing Distrik Siapkan 1 Hektar Lahan

Marco Kerda
PJ Bupati Jayawijaya Sumule Tumbo saat melaksanakan rapat koordinasi bersama 40 Kepala Distrik di lantai 3 Gedung Otonom Wenehule Hubi. Foto: Marco Kerda

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Menindaklanjuti pencanangan ketahanan pangan di Kabupaten Jayawijaya, PJ Bupati Jayawijaya Sumule Tumbo melaksanakan pertemuan dengan 40 Kepala Distrik di lantai 3 Gedung Otonom Wenehule Hubi, Jumat (19/01/2024).

Dalam rapat koordinasi tersebut PJ Bupati Sumule meminta kepada 40 Kepala Distrik se Jayawijaya untuk mempersiapkan 1 hektar lahan untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal masyarakat. 

"Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan menfasilitasi  kerjasama antara Kepala Distrik dan Kepala Kampung serta kelompok masyarakat untuk mengelola lahan pertanian, sementara pemerintah menyiapkan tractor dan bibit tanaman sehingga kita bisa bekerja bersama dengan masyarakat," ungkapnya usai rapat.

Menurutnya hasil dari pertanian tersebut menjadi pemenuhan untuk masyarakat kita dan ini juga merupakan program pemberdayaan masyarakat, selain itu juga bisa untuk menjadi penanganan kemiskinan ekstrime dan juga pemenuhan gizi untuk masalah stunting.

“Mari kita semua bersama –sama mengawal  pelayanan dasar ini dalam melibatkan  atau memberdayakan masyarakat sehingga untuk pembukaan lahan pertanian ini akan dilakukan di 40 Distrik yang ada di Jayawijaya," Harapnya.

Kata Tumbo, pencanangan ini dilakukan satu hektar untuk masing-masing Distrik dengan beragam komuditi sesuai dengan kondisi lahan yang disiapkan, terkait dengan Distrik yang tak bisa di jangkau dengan jalan darat maka nantinya akan disesuaikan.

“Kita akan diskusi secara khusus bagaimana teknis menuju kesana dengan kepala distrik dan tokoh masyarakat disana yang akan kita undang dan program ini kita sampaikan dan nantinya akan kita lakukan evaluasi , monitoring semoga ini bisa berjalan," Katanya.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network