Situasi Kamtibmas di 9 Wilayah di Papua Selama Tahapan Rapat Pleno Relatif Kondusif

Fredy Nuboba
Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani. Foto : Dok.Polda Papua

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Situasi keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas0 pada sembilan daerah operasi Damai Cartenz-2024 di wilayah Papua, selama tahapan pleno pasca pemilu relatif kondusif serta tidak ada gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP).

Sembilan daerah tersebut terdiri dari Kabupaten Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya dan Jayapura.  Hal itu disampaikan Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Dia mengatakan, secara Keseluruhan, kamtibmas relatif aman dan kondusif hingga tahap pleno saat ini. "Kami memantau situasi Kamtibmas pada pelaksanaan rekapitulasi suara hingga rapat pleno berjalan dengan baik. Tidak ada gangguan dari KKB maupun KKP, walaupun ada beberapa kejadian dalam empat hari terakhir," ujarnya.

"Kejadian tersebut  terjadi di Timika, Tolikara, Wamena, dan Yahukimo, namun situasi masih dapat dikendalikan oleh aparat keamanan. Sehingga secara umum sampai hari ini situasi masih dapat kami kendalikan," ucapnya.


Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno. Foto : Dok.Polda Papua
 

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno mengatakan, personel Ops Damai Cartenz-2024 tetap disiagakan untuk memperkuat pengamanan pemilu dari operasi Mantap Brata selama tahapan berlangsung hinggai selesai.

 "Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 sampai hari ini tetap menyiagakan personel untuk memperkuat rekan-rekan yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata agar situasi kamtibmas di Papua dapat aman dan terkendali," ujarnya.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dari sembilan daerah operasi Damai Cartenz-2024 atas kerjasama yang baik, sehingga keamanan tetap terjaga dan pesta demokrasi berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network