Paslon DoaMu Jilid II & Yohanis Manibuy - Joko Lingara Kantongi Rekomendasi Dukungan Partai PPP

Adrian Kairupan
Paslon DoaMu Jilid II saat menerima surat dukungan rekomendasi dari PPP, setelah sebelumnya di hari yang sama resmi mengantongi rekomendasi dari Partai Perindo. (Foto : Adrian Kairupan)

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati - Calon Wakil Bupati (Cawabup), Yohanis Manibuy dan Joko Lingara Iribaram, semakin bertekad dan siap menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Teluk Bintuni yang akan dihelat pada November mendatang.

Hal ini terjawab sudah. Dimana, setelah mendapatkan rekomendasi dari DPP Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP), paslon yang dikenal dengan jargonnya "Yo - Join" menyatakan siap untuk maju dan bertarung pada Pilkada Bupati dan wakil bupati untuk periode 2024 - 2029, di Kabupaten Teluk Bintuni tersebut.

Penyerahan Surat Rekomendasi Pemilihan Umum Kepala Daerah dari Pelaksana tugas Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono, kepada pasangan Yohanis Manibuy - Joko Lingara itu dilaksanakan bertempat di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) di Jl. Pangeran Diponegoro, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Kamis (30/05/2024).

Seperti diketahui dari sekian banyaknya pasangan calon yang akan maju dalam pilkada Teluk Bintuni 2024, Pasangan Calon Yohanis Manibuy - Joko Lingara, merupakan paslon pertama yang telah sukses mengantongi surat dukungan rekomendasi dari Partai Politik, yakni PPP.

Uniknya, pasangan calon Yohanis Manibuy - Joko Lingara, yang merupakan dua anak adat asli tujuh suku di Teluk Bintuni yakni dari Suku Wamesa dan bagian dari Suku Sebyar, Kalitami/Kamundan turut didampingi juga Kepala suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan yang juga bersamaan menerima surat dukungan rekomendasi dari partai berlambang PPP itu, setelah sebelumnya telah menerima surat dukungan dari Partai Perindo, untuk maju dalam perhelatan Pilkada Pilgub 2024 Papua Barat.

Ketua DPW Partai PPP, Yasman Yasir saat dikonfirmasi iNewsJayapura.id membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi.

Kata Yasman, sejak resmi pasangan Yohanis Manibuy - Joko Lingara mendeklarasikan jargon kampanye mereka, “YO JOIN,” Rabu (08/05/2024) di Manokwari, Papua Barat, kerja - kerja komunikasi politik terus berjalan dan dilaksanakan secara masif. Demikian dalam prosesnya telah menjadi satu kekuatan politik yang lahir dari bawah, dan terbukti paslon Yohanis Manibuy - Joko Lingara memiliki kapasitas serta popularitas yang tinggi di daerah, hingga berdasarkan hal itulah DPP PPP telah resmi memberikan arah dukungan untuk paslon "Yo-Join" memiliki tiket (Surat Rekomendasi PPP) di Pilkada 2024 Teluk Bintuni.

"Artinya insya Allah, dengan dukungan rekomendasi dari PPP yang telah diterima, maka dipastikan pasangan Yohanis Manibuy - Joko Lingara sebagai Calon Bupati - Calon Wakil Bupati sudah solid dan siap mendaftar Pilkada ke KPU Teluk Bintuni sesuai jadwal dan tahapannya,"Ucap Yasman Yasir

Yasman juga membenarkan, bahwa selain pasangan calon Yohanis Manibuy - Joko Lingara untuk Pilkada Teluk Bintuni, disaat yang bersamaan DPP PPP juga telah mengeluarkan rekomendasi kepada Paslon Calon Gubernur, Dominggus Mandacan - Calon Wakil Gubernur Drs. Mohammad Lakotani dalam Pilkada Papua Barat 2024.

"Jadi benar, selain pasangan Yohanis Manibuy - Joko Lingara untuk Pilkada Teluk Bintuni, tadi Bapak kepala suku besar arfak Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani sudah terima dukungan rekomendasi dari DPP PPP. Ini sebuah kebanggaan untuk di Papua Barat, karena PPP sesuai petunjuk ketum kita, kita harus bisa mengusung calon - calon potensial yang juga mendapat dukungan dari lapisan Masyarakat,"Sebut Yasman Yasir.

Sementara itu, Yohanis Manibuy selaku calon bupati (Cabup) yang diusung oleh PPP menuturkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari PPP yang telah mengizinkan dirinya bersama kader terbaik PPP, juga selaku ketua DPC PPP Teluk Bintuni Joko Lingara, dapat bersanding mendampinginya sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam bursa perhelatan Pemilukada 2024 di Kabupaten Teluk Bintuni.

"Kami bersyukur dihari ini Kamis (30/05/2024), saya Yohanis Manibuy selaku Calon Bupati bersama Calon Wakil Bupati Joko Lingara dan didampingi ketua DPW PPP Yasman Yasir dan sejumlah pengurus telah menerima rekomendasi dari DPP PPP,"Ucap Yohanis Manibuy

"Ini salah satu bukti dan kepastian kami, pasangan calon Yohanis Manibuy - Joko Lingara untuk dapat mendaftarkan ke KPU sesuai jadwal dan tahapan nantinya,"Sambung Yohanis Manibuy

Yohanis Manibuy yang juga selaku Ketua DPD Partai Golkar Teluk Bintuni menuturkan, bahwa dengan telah diterimanya dukungan rekomendasi dari PPP, berdasarkan komunikasi politik yang telah terbangun, maka sejumlah dukungan rekomendasi dari partai - partai lainnya akan segera diterima pihaknya dalam waktu dekat.

Dimana selain PPP, paslon 'Yo - Join' juga berharap seperti partai PDI-P, Partai Perindo, dan NasDem serta Gerindra dapat menjadi bagian koalisi bersama untuk mengusung pasangan calon (paslon) Yohanis Manibuy - Joko Lingara dalam Pilkada Teluk Bintuni 2024.

"Pada 27 Mei 2024 saat disorong, kami juga telah melakukan pertemuan terbatas dengan salah satu petinggi DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan pengurus tingkat DPD Partai Golkar yang mana telah berkomitmen bahwa golkar akan sepenuhnya mendukung saya bersama pasangan saya Joko Lingara untuk menerima rekomendasi. Dan partai - partai lain juga, telah kami bangun komunikasi politik yang sama dalam hal pemberian rekomendasi dukungan,"Tegas Anisto, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berhasil meraih total jumlah empat (4) kursi.

Sedangkan, berdasarkan aturan dalam Undang-undang (UU) Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 syarat pencalonan kepala daerah melalui parpol adalah dari parpol atau gabungan parpol yang memiliki kursi minimal 20 persen di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network