Menko PMK Resmikan Gudang Logistik di Sinak dan Agandugume

Cornelia Mudumi
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, bersama dengan PJ Bupati Puncak Nenu Tabuni, saat meresmikan Gudang Logistik di Sinak dan Agandugume. (Foto: Cornelia Mudumi)

PUNCAK, iNewsJayapura.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, bersama dengan PJ Bupati Puncak Nenu Tabuni, meresmikan gudang logistik yang dibangun oleh BNPB RI Melalui Kodam XVII/Cenderawasih di Sinak Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah serta di agandugume. Peresmian dipusatkan di Distrik Sinak, Rabu (07/08/2024).

Turut hadir dalam peresmian gudang logistik di Distrik Sinak dan Distrik Agandugume Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah antara lain, para Deputi dari Menko PMK, Pangdam XVII/Cenderawasih, Danrem 173 PVB, Kapolres Puncak, Dandim 1717/Puncak, Ketua DPRD Kabupaten Puncak.

Gudang logistik ini merupakan perintah langsung dari Presiden RI dibangun sejak Tahun 2023 lalu, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam rangka membantu ketahanan pangan di wilayah tersebut, terutama saat fenomena bencana kekeringan hujan es, yang membuat tanaman menjadi mati, mengakibatkan bencana kelaparan bagi warga setempat.

Dalam sambutannya Menko PMK RI, Muhadjir Effendy menyampaikan gudang logistik yang di resmikan tersebut berada di Distrik Sinak dan Distrik Agandugume merupakan sebuah langkah maju dalam upaya pemerintah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Puncak, terutama untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang selalu terjadi di daerah tersebut, pada musimnya.

“Keberadaan gudang logistik ini akan sangat membantu dalam memastikan distribusi bahan kebutuhan pokok dan logistik lainnya dapat berjalan dengan lebih lancar dan efisien. Ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah hadir disini untuk memastikan bahwa pembangunan yang merata dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk di daerah-daerah terpencil seperti di Kabupaten Puncak,” kata Muhadjir.

Sementara itu, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto menyampaikan, pembangunan gudang logistik ini dibangun untuk memberikan dukungan dan perhatian yang besar terhadap pembangunan di Papua Tengah terutama Kabupaten Puncak, sebagai gudang penampung makanan, sehingga saat datang bencana kekeringan, yang merupakan fenomena alam di daerah tersebut, maka bahan makanan sudah siap untuk warga setempat.

“Semoga dengan adanya gudang logistik yang kita bangun ini, untuk mengurangi kesulitan yang sering dialami oleh masyarakat dalam hal ketersediaan bahan pokok, terutama pada saat musim kekeringan atau hujan es,” ucap Letjen Suharyanto.

Selain itu, Kepala BNPB RI berharap bahwa dengan adanya gudang logistik ini, dapat meningkatkan ketahanan pangan dan memperkuat sistem distribusi logistik di wilayah kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

“Hal ini tentu berdampak positif bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,saya juga berjanji Pembangunan logistik dibangun dan baru diresmikan tersebut secara resmi akan di serahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah untuk tempat penyimpanan bahan pangan pokok dari Pemerintah Provinsi Papua Tengah bersama Pemerintah daerah Kabupaten Puncak. Juga saya pesan agar gudang logistik ini dijaga dan dirawat baik oleh masyarakat dan pemerintah daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Puncak Nenu Tabuni menyampaikan usulan secara lisan kepada Menko PMK RI dan Kepala  BNPB RI, bahwa dalam rangka membuka aksesibilitas dan keterisolasian wilayah di Provinsi Papua Tengah teruma Kabupaten Puncak, ada 3 hal yang diusulkan yaitu Pertama perpanjang Runway Bandara Sinak, Kedua Membuka infrastruktur jalan dari Distrik Ilaga ke Distrik Sinak, dari Distrik Sinak ke Distrik Agandugume, dari Distrik Sinak ke Distrik Mulia Kabupaten Puncak dan dari Distrik Agandugume ke Distrik Kwiyawagi Kabupaten Lanny Jaya Provinsi Papua Pegunungan.

“Usulan sudah kami sampaikan ke Pak Menko PMK RI, dan beliau langsung merespon dan akan teruskan di Kementerian lembaga terkait di pusat,” ungkap Penjabat Bupati Puncak.

Untuk diketahui, kegiatan pelaksanaan peresmian gudang logistik di Sinak dan Agandugume Kabupaten Puncak berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun hingga rombongan Menko PMK dan Kepala BNPB Pusat kembali ke Timika dan berangkat ke Jakarta dalam keadaan aman dan terkendali.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network