get app
inews
Aa Read Next : Theo Hesegem : Ada Dugaan Pelanggaran HAM Kasus Rusuh Sinakma

Staf Wapres : Pemerintah Dukung Pembangunan Berbasis Religius

Minggu, 05 Februari 2023 | 21:15 WIB
header img
Staf Wapres RI Gatot Prio Utomo, saat diwawancarai. Foto : Adrian Kairupan/iNewsJayapura.id

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Staf Khusus Wakil Presiden RI, Gatot Prio Utomo menyebutkan, bahwasannya Pemerintah sangat mendukung pengembangan pembangunan berbasis religius terbentuk di suatu daerah, termasuk Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat.

Hal itu dikatakan saat  menjawab pertanyaan para media, minggu (5/2/23) sore. Tanggapannya tentang komitmen pemerintah pusat membangun Tanah Papua dalam melindungi situs religi dan cagar budaya suatu daerah yang ada.

"Ini adalah satu komitmen dari Pemerintah membantu percepatan proses pembangunan di Tanah Papua. Kita mencoba melalui pendekatan berbasis komunitas dan religi. Dimana melalui itu, kedepan solusi - solusi yang dihadirkan dapat langsung menyentuh dan dirasakan masyarakat, dalam hal ini Rakyat Papua," ungkap Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Menyinggung pengembangan Situs Budaya di Pulau Mansinam, dimana diketahui menjadi pusat lahirnya peradaban orang Papua sejak menerima Injil pertama kali yang dibawakan 2 orang Misionaris asal Jerman, Carl Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler, pada 5 Februari 1855 silam.

Gatot mengatakan diperlukan keseriusan dan dukungan semua pihak bukan saja peran pemerintah, tetapi juga dukungan lapisan Masyarakat di daerah.

"Terkait pengembangan Situs Budaya dan Religi seperti Pulau Mansinam ini, tentunya melalui sinergitas yang baik secara berjenjang, maka Pemerintah juga akan mendorong pengawalan pengembangan potensi kepariwisataannya untuk percepatan pembangunan di Tanah Papua, sehingga, sangat diperlukan peran kerjasama yang baik dari seluruh lapisan Masyarakat juga," ungkapnya

Oleh sebab itu, dalam mendukung tumbuh kembang potensi-potensi yang ada, diharapkan seperti komunitas sipil gereja, dan komunitas lainnya (kepemudaan,red) diupayakan harus bisa lebih kreatifitas dan meningkatkan kemandirian untuk siap menerima perubahan yang besar.

 

Editor : Herawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut