get app
inews
Aa Read Next : Silfanus Ndiken Cabor Atletik Sumbang Medali Perak bagi Kontingen Papua Selatan

5 Pesan Pj Bupati Mappi untuk Para Tokoh di Satu Abad NU

Jum'at, 10 Februari 2023 | 16:34 WIB
header img
Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar saat menghadiri peringatan satu abad NU. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa.

MAPPI, iNewsJayapura.id – Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar mengatakan, NU di tahun 2023 telah memasuki usia 100 tahun sesuai perhitungan kalender Hijriyah. Itu berarti NU telah memasuki abad kedua.

Sebagai pemerintah, pihaknya juga menyadari bahwa untuk mewujudkan Mappi yang aman, damai dan sejahtera selain dibutuhkan manusia yang rajin dan inovatif, yang paling mendasar adalah terbentuknya manusia yang memiliki mental, spiritual yang baik dan di bidang inilah diharapkan peran besar dari tokoh-tokoh agama, tokoh organisasi, tokoh pemuda dan sebagainya.

Dia memberikan beberapa pesan. Pertama, jangan pernah ingkari ikhtiar/usaha pendiri NU untuk selalu menjaga dan merawat semangat kebhinnekaan dan kebersatuan di tengah perbedaan dimanapun berada sekaligus sebagai tembok penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedua, kehadiran warga Nahdliyin harus menjadi agen pembangunan serta berkontribusi nyata dalam pembangunan di Kabupaten Mappi.

Kemudian, ketiga, terus menerus meningkatkan kemampuan dan kompetensi kader Nahdliyin sebagai penerus tonggak estafet pembangunan di Mappi. 

Keempat, menjaga sinergitas dengan pemerintah sebagai mitra kerja guna mengisi pembangunan di Mappi sebagai bagian dari ‘Merawat Jagad-Membangun Peradaban’. Kelima, hadirkan citra sesungguhnya Nahdlatul Ulama dalam bersikap, bertindak dan berkarya.

“Kiranya di usia yang ke-100 tahun ini, Nahdlatul Ulama semakin maju, semakin berkembang, semakin moderat, semakin toleran dan semakin menunjukkan karyanya, bukan saja hanya di Indonesia tetapi terkhusus di Kabupaten Mappi,” jelasnya.

Michael pun mengutip kata bijak pendiri NU, KH M Hasyim Asy’ari sebagai renungan bersama yaitu “Agama dan nasionalisme adalah dua kutub’’.

Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dilaksanakan hampir di seluruh penjuru. Tak terkecuali di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan. Peringatan hari lahir organisasi keagamaan Islam yang berdiri pada 31 Januari 1926 itu digelar Kamis (9/2/2023) di GOR Kepi.

Peringatan Satu Abad NU di Kabupaten Mappi mengusung tema nasional “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” dan sub tema “NU Kabupaten Mappi Konsisten Bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Mappi dalam Mengisi Pembangunan”.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut