get app
inews
Aa Read Next : Berjibaku Melawan Para Juara Bertahan, Atlet Biliar PWI Pabar Melaju ke Final Porwanas XIV Kalsel

194 Mahasiswa Laksanakan KKN, Ketua STIH Manokwari : Tinggalkan Hal Baik untuk Masyarakat

Senin, 13 Maret 2023 | 17:53 WIB
header img
Pelepasan mahasiswa KKN berlangsung di aula STIH Manokwari, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat. Foto : iNewsJayapura.id/Adrian Kairupan.

MANOKWARI, iNewsjayapura.id --- Ketua STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma memimpin langsung rangkaian acara pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik angkatan ke - XXXIX (39) STIH Manokwari.

Pelepasan ditandai dengan penyematan secara simbolis atribut baju dan topi KKN bagi mahasiswa dan mahasiswi.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) yang juga Ketua Panitia penyelenggara KKN T.A 2022/2023 angkatan ke -39 STIH Manokwari, Yohana Watofa mengatakan, sebanyak 194 mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata yang berorientasi membangun desa / kampung secara Inovatif dan kreatif.

"Lokasi KKN tersebar di Kabupaten Manokwari sembilan distrik dan Kabupaten Mansel dua distrik serta Kabupaten Pegaf tiga distrik. Supervisi yang terlibat adalah dosen STIH Manokwari serta kelas prafi dan momiwaren," jelas Yohana.

Dari 194, peserta terdiri dari jurusan pidana 70 perdata 72 dan jurusan ilmu pemerintahan 52 orang. Kegiatan KKN bersumber dari biaya KKN 2023 /2023.

Sementara itu, Ketua STIH Manokwari, Filep Wamafma mengatakan bahwa mahasiswa yang melaksanakan KKN agar menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga setelah melaksanakan KKN ada output ataupun hal baik yang ditinggalkan untuk masyarakat.

Dia lalu mengingatkan agar mahasiswa angkatan 39 yang melaksanakan KKN untuk melakukan yang terbaik di lokasi kerja agar memiliki kesan di masyarakat.

"Hampir 80 persen biaya dikembalikan kepada mahasiswa. Sehingga diharapkan kreativitas dan dukungan mahasiswa/i di lapangan dalam pelayanan pengabdian kepada masyarakat," ucapnya, Senin (13/3/2023).

Dia mengimbau kepada para mahasiswa KKN STIH Manokwari untuk menjunjung tinggi nilai - nilai kemanusian dan berdikari serta mampu memberikan pelayanan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat.

"Kita harus unggul dalam teknologi, pengabdian, KKN, dan apapun itu untuk pendidikan. KKN ini harus beda dengan mahasiswa atau perguruan atau kampus lainnya. KKN harus lebih hebat dengan menciptakan konsep dan gagasan yang beda. Jangan kita terjebak dalam lingkup," imbaunya.

Adapun dalam pelaksaan KKN Tahun Akademik 2022/2023,  program yang dipatenkan lebih kepada edukasi tentang pemahaman hukum kepada masyarakat.

"Seperti sosialisasi Undang – Undang Otsus misalnya, dapat dilaksanakan, serta sosialiasi lainnya. Jadi 90 persen sosialisasi edukasi dan 10 persen adalah pekerjaan fisik," ujar Filep.

Filep pun mengingatkan kepada para mahasiswa KKN angkatan 39 agar menjaga diri dan hadir memberikan dampak positif secara baik di lapangan nantinya.

Turut hadir ketua Yayasan STIH Manokwari, Petrus Makbon, serta jajaran tenaga pengajar (dosen).

Pelepasan mahasiswa KKN berlangsung di aula STIH Manokwari, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat pada Sabtu (11/3/2023) dengan tema "STIH Manokwari Unggul, Peduli dan Berkarakter".

Kegiatan pengabdian masyarakat atau KKN  ini berlangsung selama sebulan.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut