get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Kementerian Parekraf akan Kembali Gelar Festival Cross Border di PLBN Skouw

Selasa, 21 Maret 2023 | 15:01 WIB
header img
Menteri Parekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahudin Uno (tengah) mengunjungi PLBN Skouw, Papua, Indonesia. Foto : iNewsJayapura.id/Darul Muttaqin.

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan kembali menggelar Festival Cross Border (festival lintas batas negara) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Papua, Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Parekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi PLBN Skouw usai mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023).

Sandiaga pun mengapresiasi PLBN Skouw yang menjadi gerbang terdepan tertimur di Indonesia dikelola dengan baik pasca Covid19 dengan adanya aktivitas perlintasan sekitar 1.500 orang per hari.

‘’Ini akan terus kita tingkatkan dengan dua agenda besar sesuai permintaan pengelola yakni pertama, peningkatan infrastruktur pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kawasan ekonomi khusus kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Jayapura,’’ ujar Sandiaga.

Kemudian yang kedua, kata Sandiaga, Festival Cross Border akan dihidupkan kembali dengan target menarik 2.000 wisatawan mancanegara yang akan menampilkan seni budaya, film dan even run (lari).

‘’Even run nantinya kita kemas berbeda dengan even-even sebelumnya. Kita akan buat suatu fenomena spektakuler yakni berlari melintasi dua negara. Segera kita wujudkan untuk membangkitakn pariwisata dalam rangka pemulihan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,’’ jelas Sandiaga.

Sementara itu, Kepala PLBN Skouw, Yan Numberi mengapresiasi kunjungan Menteri Sandiaga Uno. Dia pun berharap, PLBN Skouw kembali difungsikan seperti awal dibukanya perlintasan batas tersebut.

‘’Kami ingin pelintas baik dari Papua Nugini ke Indonesia, maupun sebaliknya bisa bebas masuk, terlebih kembali digelar festival cross border yang akan menarik jumlah pengunjung cukup banyak,’’ ucap Yan.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengunjungi Pasar Skouw yang letaknya tidak jauh dari PLBN Skouw. Pasar Skouw sendiri menjadi pusat aktivitas jual beli di daerah perbatasan dan menjadi tempat favorit masyarakat Papua New Guinea untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Inspektur II Kemenparekraf/Baparekraf, Kamal Rimosan; dan Direktur Infrastuktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut