get app
inews
Aa Read Next : Telkom Papua Prediksi Trafik Naik Hingga 20 Persen Menjelang Lebaran 2024

Telkom Sebut Perbaikan Kabel Laut Ruas Sarmi – Biak Telah Rampung

Kamis, 04 Mei 2023 | 06:57 WIB
header img
General Manager Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsana. Foto : iNewsJayapura.id/Darul Muttaqin

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Jaringan telekomunikasi  yang mengalami penurunan kualitas layanan telekomunikasi pada Maret lalu di wilayah Jayapura dan sekitarnya kini telah kembali normal.

Penurunan kualitas layanan tersebut terjadi lantaran adanya gangguan pada jaringan backbone Sistem Komunikasi Kabel Laut Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SKKL SMPCS) pada ruas Sarmi – Biak.

Pada proses mitigasi recovery layanan Telkom Group (IndiHome dan Telkomsel) saat terjadi gangguan, Telkom mengoptimalkan dan memanfaatkan backup link backbone SKKL Pantai Utara (Patara).

‘’Saat SMPCS gangguan, kami pulihkan dengan memanfaatkan secondary route link backbone atau penghubung rute sekunder (kabel optik cadangan) SKKL Patara kala itu, tetapi kini keduanya sudah kembali berfungsi sejak 21 April lalu,’’ kata Agus Widhiarsana selaku General Manager Telkom Witel Papua di Jayapura, Rabu (3/5/2023).

Agus mengatakan, selama proses perbaikan, pihaknya menyiagakan personel dan posko untuk memastikan infrastruktur telekomunikasi lainnya berjalan normal.

Sementara, gangguan pada kabel laut ruas Sarmi-Biak, kata Agus, disebabkan beberapa hal, seperti tertimpa longsoran batu dan terkena uap panas dari dasar laut.

‘’Ada beberapa potensi yang bisa menyebabkan gangguan,’’ kata Agus.

Sebelumnya, jaringan telekomunikasi di Jayapura dan sekitarnya pada Kamis (9/3/2023) pada pukul 08:05 WIT.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut