get app
inews
Aa Read Next : Bupati Freddy Thie: Bangunan Bekas Asrama akan Direhab Untuk Para Siswa dari Kampung

Datangi Kampung Wosokuno, Freddy Thie Komitmen Akan Bangun Bandara Printis Untuk Warga

Rabu, 24 Mei 2023 | 21:24 WIB
header img
Bupati Kaimana, Freddy Thie saat mendatangi kampung Wosokuno, Distrik Yamor Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat. (sumber Foto : Istimewa)

KAIMANA, iNewsJayapura.id -Tiba di Wosokuno yang merupakan salah satu kampung terpencil di Distrik Yamor Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat, Bupati Kaimana Freddy Thie komitmen akan membangun bandara perintis untuk menjawab kerinduan warga yang telah puluhan tahun tidak mempunyai konekfitas jalan.

Kedatangan Bupati Kaimana Freddy Thie di kampung wosukuno di dampingi oleh Sekertaris Daerah Donald Raimon Wakum, Kapolsek Distrik Enta Iptu Adi Praipnu, Dokter Specialis Anak dan pegawai dari Dinas Catatan Sipil ini di sambutan baik oleh warga setempat.

Yapet Gabow selaku Tokoh Adat Kampung Wosokuno dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, kampungnya memiliki tekstur tanah yang begitu subur dan dapat menghasilkan banyak sekali jenis sayur-mayur serta buah-buahan yang bisa di jual keluar untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian warga setempat.

Namun hal tersebut semuanya sia-sia karena kampung mereka sama sekali tidak memiliki konekfitas jalan yang memadai untuk bisa di bawah ke kota, "

Yapet menjelaskan, untuk ke kota warga harus memikul hasil tanaman mereka dengan berjalan kaki sejauh 17 kilo meter melewati sungai dengan kekuatan arus yang sangat keras dan melewati medan lumpur serta masih banyak lagi halangan yang perlu di lintasi hingga sampai ke moara.


Bupati Kaimana, Freddy Thie saat disambut masyarakat Kampung Wosukuno. (Sumber Foto : Istimewa)

Sesampainya di moara, mereka juga harus perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan bakar agar bisa menyebrangi lautan kurang lebih sejauh 300 kilo meter.

"Itu kami sangat tersiksa pak, bisa-bisa sampai di kota barang-barng kami sudah mulai membusuk semuanya, "

Untuk itu Dirinya meminta agar pemerintah dapat membangun lapangan terbang perintis di tanah yang telah mereka sediakan sepanjang 450 meter.

Menjawab hal tersebut, Bupati Kaimana Freddy Thie mengatakan bahwa akan menyampaikan kerinduan masyarakat terkait bandara perintis kepada dinas perhubungan dan akan membuat perencanaan di anggaran perubahan untuk di lakukan pekerjaan fisik di tahun 2024 mendatang.

"Ini komitmen saya sebagai Bupati dan ini bukan jual obat karena harus di kerjakan demi masyarakat, "ungkapnya

Untuk itu Freddy Thie berharap agar masyarkaat juga dapat saling membantu dalam proses pekerjaan bandara nantinya jika tim dari dinas perhubungan turun untuk melakukan pengambilan titik kordinat, " Tuntasnya

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut