get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Tutup TMMD ke 116 di Mappi Papua Selatan Ini Amanat Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan

Kamis, 08 Juni 2023 | 16:17 WIB
header img
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan secara resmi menutup TMMD ke 116 tingkat Provinsi Papua Selatan, Kamis (8/6/2023). Foto Pendam Cenderawasih.

KEPI, iNewsJAYAPURA.id - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan secara resmi menutup program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-116 tahun anggaran 2023 di wilayah Provinsi Papua Selatan. Acara penutupan tersebut berlangsung di Kampung Homlikya, Distrik Syahcame, Kabupaten Mappi, Kamis, 8 Juni 2023.

Keterangan tertulis mengenai penutupan tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, secara langsung melaksanakan acara penutupan TMMD ke-116 Kodim 1707/Merauke. Sementara itu, acara penutupan TMMD ke-116 Kodim 1702/Jayawijaya diakhiri oleh Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha.

Sebelum tiba di lokasi acara penutupan TMMD ke-116 Kodim 1707/Merauke, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, melakukan penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil pekerjaan dari Komandan Kodim (Dandim) 1707/Merauke kepada Penjabat Bupati Mappi, serta penandatanganan naskah berita acara dari Pemerintah Daerah kepada Kepala Kampung Homlikya.

Dalam amanatnya, Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD, mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Satuan Tugas TMMD, Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan seluruh masyarakat atas partisipasinya serta dukungan dalam kegiatan ini. Pangdam menyampaikan harapannya agar TMMD di wilayah Papua Selatan dan Papua Pegunungan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, terutama di wilayah perbatasan dan pegunungan yang memiliki keterbatasan dalam perekonomian dan sarana prasarana.

"TMMD juga merupakan bentuk sinergi antara TNI dengan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat," kata Mayjen TNI Izak Pangemanan .

Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa pelaksanaan TMMD di wilayah Papua dilakukan oleh Kodim 1702/Jayawijaya Korem 172/PWY di Distrik Walaik, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, serta Kodim 1707/Merauke Korem 174/ATW di Kampung Homlikiya, Distrik Scyame, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan. Kegiatan ini dilakukan  selama 30 hari mulai 10 Mei hingga 8 Juni 2023 dengan tema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat'.

Selanjutnya, dalam kegiatan fisik yang dilaksanakan oleh Kodim 1702/Jayawijaya Korem 172/PWY adalah pembangunan satu unit balai pertemuan. Sedangkan di wilayah Kodim 1707/Merauke Korem 174/ATW dilakukan pembangunan 15 unit rumah semi permanen tipe K-36. Sementara itu, kegiatan non fisik meliputi penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, pelayanan kesehatan, ketahanan pangan dan holtikultura, bahaya narkoba dalam Kamtibmas, pelayanan dan sosialisasi mengenai Posyandu, Posbindu, bahaya stunting, KB kesehatan, pemasangan Implan, serta penayangan film perjuangan," jelas Mayjen TNI Izak Pangemanan.

"Saat ini, dengan berakhirnya kegiatan TMMD, saya berharap agar hasil pembangunan fisik tetap terjaga dan dimanfaatkan dengan baik. Sementara kegiatan non fisik yang telah dilakukan, saya harap bukan hanya menjadi pengetahuan semata, tetapi benar-benar dipahami dan diaplikasikan oleh masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," harap Mayjen TNI Izak Pangemanan.

"Kepada para prajurit Satgas TMMD yang akan meninggalkan lokasi, harap perhatikan faktor keamanan selama perpindahan lokasi TMMD kembali ke Home Base," tandas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Usai Pernyataan resmi penutupan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih selesai, dan dilanjutkan dengan pembagian alat sekolah secara simbolis oleh Pangdam XVII/Cenderawasih kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Distrik Syahcame, serta penyerahan bantuan secara simbolis kepada 15 warga Kampung Homilkya.

Selanjutnya, dilakukan pengguntingan pita dan peninjauan lokasi TMMD Ke-116 oleh Pangdam XVII/Cenderawasih beserta tamu undangan.

Turut hadir dalam upacara penutupan TMMD tersebut Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, Danlantamal XI/Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, Danlanud JA Dimara Kolonel Pnb Onesmus Gede Rai Aryadi, Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Albar, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Ferdinandus Kainakaimu dan juga masyarakat dari Kampung Homlikya.

 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut