get app
inews
Aa Read Next : Silfanus Ndiken Cabor Atletik Sumbang Medali Perak bagi Kontingen Papua Selatan

Kunker Komisi B DPRD Boven Digoel ke Distrik Ninati , Minta PLBN Yetetkun Segera Diresmikan

Rabu, 21 Juni 2023 | 10:37 WIB
header img
Komisi B DPRD Boven Digoel kunker ke PLBN Yetetkun Distrik Ninati. Foto: Muhammad Syahrir Muslimin

BOVEN DIGOEL, iNewsJayapura - Komisi B DPRD Boven Digoel Papua Selatan meminta Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian PUPR dan BNPP untuk segera meresmikan dan mengoperasionalkan PLBN Yetetkun Distrik Ninati Kabupaten Boven digoel.

Peresmian tersebut dinilai sangat penting agar PLBN Yetetkun dapat segera beroperasi dan tidak terbengkalai,mengingat PLBN yetetkun telah rampung kurang lebih satu tahun terakhir.untuk itu pihaknya perlu adanya kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam pengelolaan PLBN Yetetkun , sehingga bangunan megah di tengah hutan di luas lahan 10 hektar tersebut yang sudah rampung tidak rusak  dan terbengkalai,"ucap wakil ketua komisi B DPRD Rondong Sabhara. (senin 19/06/2023).

“Terdapat sejumlah masukan dari masyarakat di kampung sekitar PLBN dan masyarakat kampung ninati dalam melakukan audens di aula kantor distrik ninati yakni perlunya adanya pasar rakyat sehingga perekonomian masyarakat lokal dapat berkembang seiring hadirnya PLBN di wilayah perbatasan dan bantuan perumahan bagi masyarakat serta hadirnya salah bank untuk menabung.” ujarnya. 


Komisi B DPRD Boven Digoel foto bersama dengan masyarakat ninati usai audiens di aula kantor distrik ninati. Foto: Muhammad Syahrir Muslimin

Putra asli tanah toraja fraksi Nasdem itu  menyampaikan bahwa secara fisik, seluruh bangunan di PLBN Yetetkun telah rampung sehingga alangkah baiknya dapat segera di resmikan agar alur lintas batas negara dari Papua Nugini ke Indonesia dan sebaliknya dapat terpantau dengan pengawasan aparat keamanan.

Rondong berharap PLBN Yetetkun harus segera di operasionalkan dalam waktu dekat dan perlu juga adanya Pos terpadu TNI Polri,bea cukai dan Imigrasi di PLBN Yetetkun untuk mencegah peredaran Narkotika yang marak terjadi di wilayah perbatasan boven digoel dan benda terlarang lainya.menurutnya, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo bersama forkopimda akan melakukan kunjungan kerja ke PLBN Yetetkun sehingga kehadiranya dapat memberikan solusi agar secepatnya dapat diresmikan dan dioperasionalkan."tutupnya.

Untuk diketahui pada kunjungan kerja komisi B DPRD Boven Digoel ke Distrik Ninati meninjau PLBN Yetetkun dan audiens bersama masyarakat ninati dihadiri petrus omba fraksi gerindra,muhammad syukri ashal fraksi perindo dan H.suharto fraksi golkar.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut