get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Massa KNPB Menyerah Dihadang Polisi

Massa Demonstrasi Menuntut Pengaktifan Sekretaris Daerah Definitif Lanny Jaya

Selasa, 11 Juli 2023 | 19:11 WIB
header img
Massa Lanny Jaya dari Beam Kuyawage menggelar demonstasi di depan Grand Baliem Hotel. Foto: Marco Kerda

WAMENA, iNewsJayapura.id - Puluhan massa Lanny Jaya dari Beam Kuyawage menggelar demonstasi di depan Grand Baliem Hotel pada hari Selasa (11 Juli 2023). Aksi ini dilakukan saat DPRD Kabupaten Lanny Jaya melakukan sidang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lanny Jaya tahun anggaran 2022.

Dalam aksi yang berjalan tertib dan damai, massa aksi menilai Penjabat Bupati Lanny Jaya Doren Wakerkwa melakukan mal administasi dengan menonjobkan Sekretaris Daerah Definitif Petrus Wakerkwa dan melanjutkan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah.

Hal tersebut dijelaskan oleh koordinator aksi, Herdinus Wanimbo kepada awak media, ‘’ Aksi ini merupakan yang kedua kalinya, pertama kami lakukan aksi di Kantor Bupati Lanny Jaya dengan tuntutan mengaktifkan kembali posisi Sekretaris Daerah definitive atas nama Petrus Wakerkwa karena setelah PJ Bupati Lanny Jaya dilantik Sekretaris Daerah definitive dinonjobkan dan mengisi posisi Sekretaris Daerah dengan Pelaksana Tugas’’ Jelasnya.

Herdinus bilang alasan yang disampaikan oleh PJ. Bupati Lanny Jaya Doren Wakerkwa sewaktu menemui massa aksi di Lani Jaya lalu tentang pemotongan dana kampung di Distrik Buguk Gona namun setelah diklarifikasi itu informasi tidak benar, ‘’Itu hasil kesepakatan antara 13 Kepala Kampung di Distrik Buguk Gona untuk pembangunan asrama di Jayapura dan itupun atas permintaan mahasiswa’’  Lanjutnya.

Masa aksi diterima oleh pimpinan dan anggota DPRD Lanny Jaya, Dani Yoman selaku Wakil Ketua DPRD Lani Jaya menyampaikan menerima aspirasi dari masyarakat dan akan melakukan diskusi dengan PJ Bupati Lanny Jaya, ‘’ Setelah membuka sidang LKPJ kami akan melakukan diskusi dengan Bupati untuk membahas hal-hal yang disampaikan’’ jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi C DPRD Lanny Jaya Girmin Tabuni dihadapan massa bahwasanya rakyat mempunyai hak untuk menyampaikan pendapat kepada wakil rakyat, ‘’ Aspirasi yang disampaikan telah kami diskusi dengan pimpinan lembaga secara resmi dan akan kami sampaikan melalui pandangan fraksi kepada Pj Bupati’’ Tegasnya.

Dirinya berharap masyarakat bersabar untuk menunggu hasil pertemuan dengan PJ Bupati Lanny Jaya. Aksi demonstrasi ini berlangsung dalam suasana yang aman dan terkendali, dengan kehadiran aparat kepolisian yang menjaga keamanan dan ketertiban. Massa berjanji akan terus mengawal tuntutan mereka hingga ada respons dan tindakan konkret dari Pj Bupati Lanny Jaya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut