get app
inews
Aa Read Next : Silfanus Ndiken Cabor Atletik Sumbang Medali Perak bagi Kontingen Papua Selatan

Pj. Bupati Mappi Buka Raker Para Kepala Distrik Se -Kabupaten Mappi

Selasa, 01 Agustus 2023 | 22:08 WIB
header img
Rapat kerja para kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi. Foto: M. Syahrir Muslimin

MAPPI, iNewsJayapura.id - Pj. Bupati Mappi, Michael R. Gomar membuka pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja (Raker) para kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi, Senin (31/7/2023) dihadiri oleh seluruh kepala Distrik di 15 Wilayah Distrik yang ada di Kabupaten Mappi.

Pj Bupati Mappi dalam arahannya menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat undang -undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Maka kepala Distrik merupakan perangkat daerah yang melaksanakan tugas -tugas pemerintahan berdasarkan pelimpahan kewenangan yang diberikan dari pemerintah daerah dalam hal ini oleh bupati kepada para kepala Distrik. Tentunya dalam pelimpahan kewenangan ini menjadi bagian yang sangat penting karena pada pelaksanaan tugas -tugas dilapangan sebagian pelimpahan kewenangan ini menjadi tanggungjawab kepala Distrik.

"Kedepan kita berharap pelimpahan kewenangan ini segera disiapkan dan diberikan kepada para kepala Distrik. Tujuannya untuk memperpendek rentan kendali pelayanan pemerintahan,"ungkapnya.

Pj Bupati menerangkan dengan begitu sehingga para kepala Distrik bisa melaksanakan tugas secara langsung, pelayanan secara langsung yang merupakan pelimpahan dari perangkat daerah teknis kepada para kepala distrik pada pelaksanaan tugas sehari-hari.

Dikatakan Pj Bupati Pemerintahan saat ini  berkembang sangat pesat, sehingga peranaan kepala Distrik sangat penting dan sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik secara cepat, tepat sasaran dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kondisi saat ini diberbagai daerah secara khusus diluar Papua, kita melihat bagaimana inovasi, kreatifitas yang dilakukan oleh para kepala Distrik untuk memaksimalkan pelayanan secara langsung kepada masyarakat. Mungkin saat ini untuk kita di Kabupaten Mappi masih sangat terbatas dengan kendala yang kita hadapi baik geografis, sarana prasarana baik itu perkantoran, alat telekomunikasi. Tetapi hal itu tidak membatasi atau menghalangi bapak/ibu kepala Distrik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tegasnya.

Dijelaskan Pj Bupati, oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini para kepala Distrik bisa mendengar materi dari narasumber yang ada, tetapi juga bapak/ibu kepala Distrik bisa memberikan saran dan masukkan termasuk juga kritikan, koreksi kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini  bagian tata pemerintahan maupun OPD teknis.

Pj Bupati menambahkan, ada dua hal yang menjadi atensi bersama saat ini yakni persiapan pemekaran Distrik. Dan rencana Pemilihan Kepala Kampung yang dilaksanakan secara serentak. Maka dari itu mulai sekarang mesti disiapkan kajian

yang nantinya akan dipakai untuk disesuaikan dengan aturan dan syarat -syarat kewilayahan. Sementara untuk pemilihan kepala Kampung berdasarkan surat edaran dari Kemendagri agar dapat dilakasanakan pada bulan September dan paling lama bulan oktober mendatang."Tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut