get app
inews
Aa Read Next : Berkas 2 Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan Dinyatakan Benar dan Lengkap

Sulaiman Gelar Bimtek Pertanian Perkotaan Hidropolik bagi Ibu-ibu di 11 Kelurahan Distrik Merauke

Sabtu, 02 September 2023 | 22:02 WIB
header img
Anggota Komisi IV DPR-RI, Sulaiman L. Hamzah saat menggelar bimbingan teknik pertanian perkotaan Hidroponik. Foto: M. Syahrir Muslimin

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Anggota Komisi IV DPR-RI, Sulaiman L. Hamzah menggelar bimbingan teknik pertanian perkotaan Hidroponik yang diperuntukkan bagi ibu - ibu di 11 Kelurahan Distrik Merauke Papua Selatan, bertempat di rumah Aspirasi Sulaiman L. Hamzah, Kamis (31/08/2023).

Anggota Komisi IV DPR-RI, Sulaiman L. Hamzah kepada sejumlah wartawan mengatakan dari seluruh program yang sudah dilakukan di Papua Selatan melalui rumah aspirasi Sulaiman L. Hamzah, bimtek yang dilakukan kali ini diperuntukkan bagi ibu rumah tangga yang tidak memilki lahan yang luas dengan ketersediaan air yg cukup, sehingga dapat memanfaatkan pertanian hidroponik di pekarangan rumah dalam membantu ekonomi keluarga.

"Bimtek ini juga menjadi Mimpi besar dalam mensejahterakan masyarakat khususnya di Papua Selatan, dalam memberikan bantuan kepada Masyarakat selain mendorong sektor pertanian skala besar, kita juga menggalakkan pertanian perkotaan hidroponik," ujarnya.

"Sejalan dengan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Selatan, Sulaeman melalui Rumah Aspirasinya terus berupaya membantu pemda dalam rangka menggenjot sektor pertanian yang menjadi andalan daerah. Hadirnya provinsi baru, kita turut berupaya mengisi pembangunan di segala bidang untuk kesejahteraan masyarakat", pungkasnya.

Sulaiman berharap melalui bimtek ini mampu menambah pengetahuan bagi ibu - ibu dalam mengelola pertanian hidroponik sehingga tepat guna dan pemanfaatannya.

Sementara itu Kepala Badan Standar Instrumen Pertanian (BISP) Papua Martina Sri Lestari menyampaikan pertanian hidroponik memiliki potensi yang menjanjikan. Metode budidaya tanpa tanah bisa menjadi alternatif pertanian bagi masyarakat perkotaan, khususnya yang tidak memiliki lahan yang luas, sehingga hanya memanfaatkan pekarangan rumah. Saat ini kita mulai menghindari bahan bahan kimia dengan beralih fungsi menggunakan pertanian hidroponik dan penggunaan pupuk organik cair, karena itu saya berharap melalui bimtek ini ada program keberlanjutannya.

"Apalagi September memasuki El Nino, musim kemarau panjang, sehingga hidroponik menjadi alternatif masyarakat. Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi keperluan sehari - hari,"tutupnya.

Dikesempatan yang sama Anggota Komisi V DPR Provinsi Papua yang juga selaku Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman L. Hamzah, Fauzun Nihayah mengatakan bimtek Pertanian Perkotaan Hidroponik bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Merauke Papua Selatan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"sasarannya bimtek kali ini  PKK di 11 kelurahan dan organisai wanita yang berada di papua selatan dalam memberikan edukasi kepada ibu - ibu untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan menjadi tanaman hidroponik."ujarnya.

"Wilayah perkotaan memilki lahan sempit,  karena itu pihaknya merasa penting untuk Memberikan edukasi dan pelatihan kepada ibu - ibu untuk lebih berinovasi dalam mempertahankan ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah, untuk menanam dan menghasilkan pendapatan bagi ekonomi keluarga"tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut