get app
inews
Aa Read Next : Transaksi Menggunakan QRIS di Festival Cenderawasih Capai Rp586 Juta

Inspiratif, PNS Lanal Biak Kelola Bank Sampah Membawa Berkah Bagi Masyarakat Papua

Sabtu, 09 September 2023 | 19:52 WIB
header img
Bank Sampah Amanah Recycle Biak (ARB). Foto: Fredy Nuboba

BIAK NUMFOR, iNewsJayapura.id - Bank Sampah Amanah Recycle Biak (ARB) Salah satu dampak dari aktivitas masyarakat sehari-hari adalah menghasilkan sampah dalam dua kategori besar, anorganik dan organik. Sampah bisa menjadi berkah ataupun musibah. Kearifan dan kesadaran masyarakat dalam menyikapi sampah sangat menentukan, Sabtu (09/09/2023)

Contoh bagus yang patut untuk ditiru,Seperti yang dilakukan Pegawai negeri sipil (PNS ) Pangkalan TNI AL (Lanal) Biak yang tinggal di Kelurahan Adainasonksen Distrik Samofa Biak Numfor lebih memilih untuk mengolah sampah menjadi berkah.

Taufik  Putra Jaya (40) sejak tahun 2018 mulai beroperasi sampah plastik yang diterima atau diantar dan dijual masyarakat,  Ada pula yang di buang semua ke TPA sampah plastik berupa botol-botol bekas dari berbagai jenis dinilai berkisar seribu hingga Rp2.000 per kg tergantung dari jenis dan kualitas setiap hari pengolahan menghasilkan 500 KG sampai 1 ton .

Keuletan Taufik dalam mengelola sampah rumah tangga berbuah nilai ekonomis dan sudah dirasakan oleh masyarakat di lingkungan sekitarnya. Sekarang kami bisa membuka lowongan kerja bagi saudara-saudara kami Anak - anak Papua.

“Pengelolaan sampah yang sudah berjalan dari tahun 2018 ini berhasil membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan membawa berkah untuk kami semua. Ada nilai ekonomis yang kami dapatkan selain kebersamaan,” ujar Taufik.

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut