get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Bakar Perumahan di Ilaga, Anggota KKB Marko Murib Tewas Ditembak Pasukan Raider 300 Brajawijaya

Rabu, 13 September 2023 | 18:03 WIB
header img
Pasukan Yonif Raider 300/Brajawijaya menembak mati seorang anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau yang juga dikenal sebagai KKB Marko Murib. Foto Yonif 300 saat padamkan kebakaran di perumahan Nakes. Pen Kogawilhan III

ILAGA, iNewsJayapura.id- Pasukan Yonif Raider 300/Brajawijaya terpaksa menembak mati seorang anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau yang juga dikenal sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Rabu (13/9/2023). 

Sebelumnya sempat terjadi kontak tembak dengan anggota KSTP atau KKB tersebut karena telah 
melakukan perusakan dan pembakaran terhadap perumahan Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kompleks RSUD Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Rabu (13/9/2023).

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN Suriastawa mengatakan, 
aksi pembakaran bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga yang dilakukan oleh KSTP Puncak (Wil. Kepala Air), pada senin (11/9) tersebut sangat ironis dikaitkan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para Nakes. 

Dengan menyiapkan perumahan Nakes tersebut diharapkan para Nakes dapat lebih tenang, nyaman dan memiliki konsentrasi penuh dalam membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat Papua, khususnya di wilayah Puncak. Namun, kata Kol Suriastawa, bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga yang baru dibangun dan belum digunakan atau dalam keadaan masih kosong tersebut justru dibakar oleh KSTP.

Menurut Kapen Kogawilhan III, tindakan dari KSTP tersebut telah diantisipasi oleh Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW dan Satgas Elang wilayah Ilaga. Terpantau oleh personel Satgas Pasgat Jingga 25 ada 2 orang kelompok KSTP berada di belakang rumah Nakes yang terbakar dan dilakukan Tindakan pengamanan dengan melakukan tembakan terhadap dua orang kelompok KSTP tersebut, dalam pantauan mereka tertembak, namun kedua orang KSTP tersebut dapat melarikan diri kearah Kp Kepala Air.
 
“Ya benar kejadian tersebut (Pembakaran rumah Nakes dan kontak tembak), dari Satgas Bais wilayah Ilaga memberikan informasi bahwa adanya satu korban KSTP yang tewas," ujar Kapen.
 
Sebelum terjadi pembakaran perumahan Nakes dan kontak tembak dengan KSTP, Pada Saat Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw dengan Satgas Elang wilayah Ilaga terpantau di Tower Telkomsel, Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga 2 orang kelompok KSTP dengan membawa 2 pucuk senjata selanjutnya dilakukan pengejaran ke arah Kp Arumaga.

"Pada saat melaksanakan penyisiran di sekitaran rumah, honai dan gereja di Kp. Arumaga, Praka Lutfi Sniper 300/Bjw melihat 3 orang KSTP dengan membawa 2 pucuk laras panjang berlari ke atas ketinggian, maka dilakukan tembakan peringatan namun kelompok KST malah membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak, dari hasil pantauan Drone diketahui 1 orang KSTP terjatuh dan diseret oleh temannya ke lembah," tandas Kolonel Czi GN Suriastawa.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut