get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Poktan Kampung Nimbokrang Berhasil Kembangkan Jagung Varietas Unggul Sukmaraga

Minggu, 15 Oktober 2023 | 17:47 WIB
header img
Panen perdana jagung varietas unggulan Sukmaraga di Kampung Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua. Foto : Edi Siswanto

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Kompok Tani (poktan) Karya Tani Kampung Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Papua berhasil mengembangkan jagung varietas unggul Sukmaraga diwilayah tersebut dengan hasil memuaskan.

Sukmaraga merupakan varietas baru jagung unggulan yang dikembangkan Kementrian Pertanian ini adalah varietas jagung yang tahan terhadap penyakit bulai atau m maydis, penyakit bercak daun atau H maydis, dan penyakit karat daun atau Puccinia sp.

Ditambah lagi, varietas ini mampu tumbuh pada dataran rendah hingga 800 mdpl dan adaptif terhadap tanah masam.

Jagung varietas Sukmaraga dipastikan mampu tumbuh subur dan menghasilkan tongkat yang baik diwilayah dataran Kampung Nimbokrang.

Varietas unggulan tersebut terlihat saat panen perdana bersama Poktan Karya Tani, Badan Standar Intrumen Papua (BSIP), UPT Pertanian, dan Bhabinkamtibmas Kampung Nimbokrang beserta 15 Siswa Praktek Kerja Lapangan SMK Santo Yusup Nasaret Sentani, Sabtu (14/10/2023).

Dari lahan 2 hektar  milik Poktan, panen yang dihasilkan cukup banyak dan dianggap berhasil.

Kepala Balai BSIP Papua, Martina Sri Lestari mengakui jika varietas Sukmaraga merupakan program BSIP kepada petani.

"Setelah panen, bibit itu bisa kembali dimanfaatkan para petani untuk melakukan pengembangan atau kemandirian benih,"ucap Martini.

"Varietas Sukmaraga termasuk jagung komposit yang bisa ditanam kembali, karena apabila masyarakat ingin membeli benih jagung dipasaran harganya cukup mahal,"sambungnya.

Iapun mengapresiasi poktan Karya Tani yang sudah berhasil menanam jagung varietas Sukmaraga.

"Semoga bisa terus dikembangkan dan harapannya tentu petani di Nimbokrang bisa terus maju dan dengan hadirnya jagung jenis ini bisa menambah penghasilan masyarakat,"ucapnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Karya Tani, Tatang Sumantri berterimakasih kepada BSIP yang telah memberikan bantuan bibit jagung.

"Kami mewakili seluruh anggota kelompok tani berterimakasih kepasa BSIP, atas bibit jagung yang diberikan, dan alhamdulillah hasilnya baik,"ucapnya.

Dia juga mengaku jika hasil panen tersebut akan dijadikan bibit kembali. "Tentu akan kami jadikan bibit kembali, dan bisa juga masyarakat lain jika ingin membudidaya jagung jenis ini," kata Tatang.

Bhabinkamtibmas Kampung Nimbokrang Bripka Yoyong Kuncoro dalam kesempatan tersebut mengakui jika petani Kampung Nimbokrang terus bangkit beberapa tahun terakhir.

Support pemerintah termasuk Kepolisian terus dilakukan agar wilayah yang dikenal sentra pertanian Kabupaten Jayapura ini terus mampu bangkit dan maju.

"Bhabinkamtibmas selalu siap mendampingi masyarakat untuk bertani, demi kemajuan kampung Nimbokrang. Saya siap jika petani membutuhkan bantuan. Baik dari keamanan maupun saat para petani membuka lahan, bercocok tanam, maupun panen seperti ini," ucapnya.

Dia mengajak para petani Kampung Nimbokrang bangkit dan terus berinovasi untuk kemandirian pangan.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut