get app
inews
Aa Read Next : Ikatan Keluarga Minang Gelar Halalbihalal dan Pengukuhan Pengurus DPD Kota Jayapura

Ketua DMI Kab. Jayapura Berharap Semua Masyarakat Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama

Rabu, 17 April 2024 | 15:43 WIB
header img
Ketua DMI Kabupaten Jayapura, H. Sakarudin Saat Memberikan Sambutan di Depan Jamaah Masjid Babul Khoir. (Foto: Fery Fadly)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura, H. Sakarudin, hadir dalam acara Halal Bihalal antar umat, di Masjid Babul Khoir kelurahan Hinekhombe Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kegiatan Halal Bihalal ini berlangsung pada Selasa (16/04/2024) di halaman rumah kediaman Bapak Muhammad Teguh salah satu pengurus dan jamaah masjid Babul khoir. Dengan mengusung Tema: Melalui Halal Bihalal kita perkokoh Ukhwah dan menjadi Rahmat Bagi seluruh ‘alam.

Dalam sambutan H. Usman sebagai ketua Ta’mir Masjid, Babul Khoir mengungkapkan Tujuan halal bihalal ini diselenggarakan, untuk saling memaafkan antara warga dan jamaah di Masjid Babul Khoir, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, sekaligus menjalin dan mempererat tali silaturahmi antar warga dan jamaah Masjid Babul Khoir tepatnya di depan Yonif 751 kelurahan Hinekhombe Distrik Sentani.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun di awal bulan Syawal, halal bihalal juga dimaksudkan untuk bisa berkumpul bersama untuk saling memberi dan menerima maaf dikarenakan tidak sempat untuk saling berkunjung dari rumah ke rumah.

Turut juga hadir dalam kegiatan ini dan memberikan sambutan yaitu Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura. H. Sakarudin, ia menghimbau kepada jamaah Masjid Babul Khoir dan warga sekitarnya untuk terus mempertahankan, menjalin dan memupuk rasa toleransi baik intern Ummat beragama, antar Ummat beragama dan kehidupan yang harmoni di tengah masyarakat yang majemuk, karena Tuhan Yang Maha kuasa yang menghendaki kita berbeda bangsa, suku, agama, dan budaya. Sehingga kemajemukan tersebut hendak dijadikan sebagai kekuatan untuk bermanfaat dan berkarya di Bumi Kabupaten Jayapura.

Penceramah hikmah halal bihalal yang berada di tengah-tengah jamah yaitu KH. Abuya Muhammad Aminsyah, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mubarok Takengon Nangroe Aceh Darussalam.

Dalam kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan oleh grup kasidah oleh Majelis Ta’lim Babul Khoir, dan ditutup dengan bersalam salaman.

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut