get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah Satgas Yonif 122/TS, Bagikan Makanan Gratis Kepada Masyarakat yang Melintas Batas

Jalan Sempat Tertutup, Personel Satgas Yonif 122 TS Berhasil Membuka Palang di Kampung Skouw Sae

Minggu, 07 Juli 2024 | 17:48 WIB
header img
Aksi pemalangan jalan Jayapura-Skouw Sae. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS Pos Muara Tami berhasil membuka palang jalan yang dilakukan oleh salah satu kelompok masyarakat yang diduga dilakukan karna adanya persilisihan di wilayah Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Minggu (07/07/2024).

Kejadian ini diawali dengan adanya laporan masyarakat yang tidak bisa melintasi rute jalan tersebut karna adanya pemalangan yang disebabkan karena kesalahpahaman antar penjual pinang, Dankipur A Satgas Yonif 122/TS Lettu Inf. Rico O Harahap bersama anggota Pos Muara Tami  kemudian mendatangi langsung dan mencoba mendamaikan permasalahan warga  tersebut bersama kapolsek Muara tami setelah mencoba mendengarkan antara kedua pihak dan mencari solosi permasalahan tersebut.

Dalam keteranganya Dankipur-A menyampaikan, kejadian ini hanya salah paham antar kedua belah pihak, dan langkah selanjutnya yang diambil adalah kami mencoba untuk melakukan Mediasi oleh pihak yang berseteru dan menjadi penengah serta solusi bagi masyarakat agar permasalahan tersebut cepat selesai, “ ucap Dankipur A.

Aksi pemalangan tersebut dilakukan oleh salah seorang warga yang menjadi pengkordinir yaitu (MS) yang disebabkan karna adanya tuntutan kepada salah satu pedagang pinang atas nama (LA) yang diduga telah mengambil mata pencaharian saudara (MS) dalam menjual pinangnya, yang kemudian (MS) mengkordinir beberapa pedagang dan dilakukan aksi pemalangan dengan menggunakan 1 unit mobil Pickup Putih dan 2 buah kayu balok serta beberapa bongkahan batu untun menutupi jalan.

Setelah pelaksanaan mediasi berjalan lancar dan aman saudara (MS) dan kelompok lainnya akhirnya berkenan membuka Palang yang sempat menutupi jalur lintas Jayapura - Skouw akhirnya telah dibuka dan aktivitas pengguna jalan dapat normal kembali, dan untuk selanjutnya permasalahan tersebut skan dilakukan oleh pihak kepolisian sektor Muara Tami.

Seperti penekanan Dansatgas Yonif 122/TS Letkol Inf. Diki Apriyadi tugas pokok Satgas Yonif 122/TS adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat khususnya di wilayah kota jayapura dan Kabupaten keerom, selain itu juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit harus siap melaksanakan kegiatan yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut