get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Tinju MDF Trengginas 90 Resmi Digelar, Rafaeisal : Bersama Hidupkan Cabor Tinju

OPM Kembali Melakukan Teror di Papua, Bakar Sekolah di Okbab Pegunungan Bintang

Senin, 15 Juli 2024 | 09:44 WIB
header img
OPM kembali meneror warga Papua dengan membakar sekolah di Pegunungan Bintang. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsJayapura.id - Aksi teror dan pembakaran kembali dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Tanah Papua. Kali ini, OPM membakar sekolah di Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua Pegunungan.

Dalam video pendek yang disebarkan oleh TPNPB-OPM melalui media sosial, terlihat tiga pria membakar meja dan kursi kayu di salah satu ruangan sekolah. Video tersebut kemudian menunjukkan kondisi bangunan yang sudah terbakar hebat.

Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa pelaku pembakaran adalah TPNPB-OPM Kodap XXXV Bintang Timur yang dipimpin oleh Ananias Ati Mimin. Sekolah yang dibakar berlokasi di Kampung Borban, Distrik Okbap, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada Sabtu (13/7/2024).

"OPM membakar semua sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK di Distrik Okbap, Kabupaten Pegunungan Bintang," tulis akun X @Heraloebss, dikutip pada Senin (15/7/2024).

Setelah membakar sekolah, anggota OPM terlihat berpose sambil memegang senjata api laras panjang. Ada setidaknya lima anggota OPM yang mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Belum ada keterangan resmi dari aparat terkait aksi teror dan pembakaran ini. Unggahan ini pun menuai reaksi publik yang mengecam tindakan OPM.

"Diberi akses pendidikan malah dibakar. Banyak kemiskinan dan kebodohan yang disalahkan pada negara. OPM takut anak muda Papua mendapatkan akses pendidikan karena kecerdasan mereka dapat mengancam keberlangsungan generasi OPM," tulis @Generasiosing.

"Kalau urusan fasilitas pendidikan dirusak, harus dihukum secara tegas, minimal hukuman mati," tulis @transversalmdia.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut