get app
inews
Aa Read Next : Menilik Dugaan Ijazah Palsu Milik Calon Gubernur Papua Selatan

Sejarah Baru, Kontingen Papua Selatan Mengikuti Upacara Pembukaan PON XXI Pertama Kalinya

Selasa, 10 September 2024 | 16:36 WIB
header img
Kontingen Papua Selatan saat mengikuti upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. (Foto : Muh. Syahrir)

ACEH, iNewsJayapura.id - Kontingen Papua Selatan mengikuti Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (09/09/2024).

Keikut sertaan kontingen Papua Selatan pada ajang bergengsi olahraga 4 tahunan ini merupakan sejarah baru karena pertama kalinya mengikuti pasca pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Acara diawali dengan letupan kembang api yang menghiasi langit stadion harapan bangsa dan hiburan yang menampilkan tiga seniman lokal, yakni band Tangke, Apache, penampilan penyanyi Aceh Liza Aulia, Zulpase, dan marching band Gita Handayani.

Presiden Republik Indinesia, Joko Widodo dalam sambutanya menyampaikan terima kasih dalam bahasa aceh. Trimoeng geu naseh untuk pemerintah daerah yang menjadi tuan rumah pembukaan PON XXI Aceh – Sumut.

Menurut Jokowi, PON XXI Aceh - Sumut adalah ajang melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa.

"Akan melahirkan lagi atlet pemecah rekor dunia, peraih meda emas di Asian Games dan Olimpiade," ucap jokowi

Selain itu, kata jokowi PON XXI Aceh - Medan 2024 juga sebagai ajang mempererat persatuan.

"Saya titip betul, junjung tinggi sportivitas dan Fair Play, PON adalah semangat kebersamaan kita untuk mengukir prestasi," tutup Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Repiblik Indonesia Dito Ariotedjo mengatakan bahwa PON 2024 menjadi PON pertama yang diadakan di dua Provinsi secara bersamaan.

“Sedikitnya 13.000 atlet akan berkompetisi dalam 1.042 nomor pertandingan pada 65 cabang olahraga dan 87 disiplin, di 20 kabupaten dan kota di Aceh serta Sumatera Utara sampai 20 September," tutupnya.

Untuk diketahui PON XXI Aceh - Medan 2024 juga diikuti 4 daerah otonomi baru (DOB) yang meliputi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pengunungan dan Papua Barat Daya melakukan debut PON untuk pertama kalinya bersama kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut