get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

HUT TNI ke-79, Danlantamal X: Prajurit TNI Sebagai Pilar Pertahanan Negara

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 21:04 WIB
header img
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Jayapura. (Foto : Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Kemeriahan derap langkah dan yel-yel Prajurit TNI Polri, PNS, Pelajar dan masyarakat tampak terlihat saat berlangsungnya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Jayapura, yang dipimpin oleh Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono selaku Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, Dansecaba Rindam XVII/Cen Letkol Inf. Patria Setia Bakti, bertempat di Lapangan Trisila Lantamal X Jayapura, Sabtu (05/10/2024).

HUT TNI mengusung tema TNI modern bersama Rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju. Sebelumnya, ditampilkan atraksi beladi Taktis, pemecahan balok atau bata dan besi oleh Para Prajurit TNI.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono mengatakan Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Pada momen upacara ini, juga dirangkai dengan memberian tanda kehormatan negara berupa Satya Lancana 8, 16 dan 24 tahun kepada perwakilan Prajurit a.n Praka Hermanus Hendrikus Adadikam asal kesatuan TNI AU menerima Satyalancana kesetiaan 8 tahun, Serda Nanang asal kesatuan TNI AL menerima Satyalancana kesetiaan 16 tahun, dan Lettu Ckm Reno Imam Setyawan asal kesatuan Kesdam XVII/Cen menerima Satyalancana kesetiaan 24 tahun.

Usai upacara, kegiatan berlanjut dengan penampilan Tari Kreasi Papua oleh Gabungan Prajurit TNI dan ibu-ibu (Persit, Jalasenastri, dan PIA Ardhya Garini) dan aksi Paramotor serta pemotongan tumpeng oleh Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Thevi A Zebua dan dilanjutkan pelaksanaan Defile pasukan TNI AD, AL, AU, Polri, PNS TNI dan Ibu Persit, Jalasenastri, dan PIA Ardhya Garini dan Defile Alusista.

"TNI adalah Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara profesional kita harus menyatu dengan masyarakat. Dan memberikan yang terbaik, khususnya kinerja prajurit di Papua," terangnya.

Sementara itu saat didaulat memberikan sambutan syukuran, Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Thevi A Zebua menyampaikan apresiasinya kepada Prajurit yang bertugas di Papua dan sekaligus mengajak untuk menciptakan dan menjaga kedamaian, keamanan untuk pembangunan di Tanah Papua.

Saat syukuran, dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada Para Prajurit TNI yang berprestasi mengharumkan nama TNI dan Papua, pemberian hadiah-hadiah lomba kepada para pelajar.

Turut hadir, Pj. Gubernur Provinsi Papua, Mayjen TNI (Purn) Ramses Limbong, Kapolda Papua, Irjen Pol Patrige Rudolf Renwarin, Brigjen TNI Mukhlis, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Achmad Fauzi, Ketua MPR, Nerlince Wamuar Rollo, Perwakilan DPR Papua, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Papua, Amin Sutikno, Kabag Ops Binda Papua, Kolonel  Inf. Gatot Rahmad Haryono, Pj. Walikota Jayapura, Christian Sohilait, PJU Kodam, Lantamal, Lanud Silas Papare, Polda Papua, Ketua LMA Port Numbay, George Awi, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih beserta pengurus dan Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah H unsur Jalasenastri dan unsur PIA Ardhya Garini.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut