Nataniel Mandacan Harap PMI Manokwari Jadi Garda Terdepan Laksanakan Aspek Sukarelawan

Adrian Kairupan
Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Manokwari oleh Ketua PMI Papua Barat, Nataniel Mandacan. Foto : iNewsKJayapura.id/Adrian Kairupan.

MANOKWARI, iNewsjayapura.id ---  Ketua PMI Papua Barat, Nataniel D. Mandacan berharap pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari dapat menjadi garda terdepan melaksanakan aspek kemanusiaan kepada generasi muda bangsa di wilayah Manokwari.

Dia juga berharap, penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pada tahun ini lebih dimantapkan lagi. Dengan demikian kualitas pelayanan bagi masyarakat dapat lebih baik ke depannya.

"Peningkatan kualitas pelayanan dari SDM sudah harus dimulai dari usia dini. Sehingga ayo turun ke jejaring sekolah - sekolah terutama adik - adik yang berusia remaja itu," ucapnya, di Manokwari, Jumat (10/2/2023).

Dia lalu meminta pengurus PMI untuk terus mengedepankan tujuh prinsip PMI sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu meringankan beban penderitaan sesama manusia.

"Tolonglah korban tanpa melihat latar belakang baik akibat bencana alam maupun ulah kita (manusia, red) sendiri," kata Nataniel.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou, yang juga selaku pelindung PMI Manokwari mengatakan bahwa PMI Manokwari wajib ikut berperan dalam penanggulangan bencana.

"PMI memiliki peran penting dalam mengemban tugas sosial kemanusiaan. Sebagian besar masyarakat masih takut dan tingkat kepedulian antar sesama masih kurang sebagai pendonor darah,’’ ujarnya.

"Kita harus bisa merubah pola pikir masyarakat agar memiliki kepedulian antar sesama terkait donor darah.  Untuk itu, perlu kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam program donor darah,’’ ujar Hermus pada pelantikan pengurus PMI Manokwari, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, kebutuhan darah di Manokwari didominasi pasien kecelakaan, melahirkan dan penderita penyakit demam berdarah.

Untuk diketahui, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam struktur keorganisasian, ditunjuk sebagai pelindung, sementara H. Yusran Mahdani resmi didapuk sebagai ketua PMI Manokwari.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network