Pemerintah Diminta Seriusi Masalah Gangguan Keamanan di Papua Pegunungan

Siti Aminah Tiara
Wakil Ketua Poksus DPR Papua, Yakoba Lokbere. Foto : Siti Aminah Tiara

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Wakil Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPR Papua, Yakoba Lokbere meminta Pemerintah serius mengatasi masalah gangguan keamanan di Papua Pegunungan, khususnya di wilayah Jayawijaya.

Yakoba mengungkapkan, seringnya terjadi  kericuhan dan berujung pada pembunuhan di Kota Wamena,  Kabupaten Jayawijaya,  Papua Pegunungan membuat situasi di wilayah tersebut dan sekitarnya menjadi tidak aman dan nyaman.

Dia pun mengaku prihatin atas kondisi tersebut lantaran membuat masyarakat resah dan takut untuk beraktivitas di luar rumah.

"Sering terjadi aksi saling serang antar dua kelompok masyarakat, tingkat kriminal semakin tinggi, kejahatan begal pun terjadi dimana mana. Hingga mengakibatkan terjadinya pembunuhan," ucapnya, Kamis (28/9/2023).

Yakoba mengatakan, Jayawijaya yang telah berada di provinsi sendiri pasca pemekaran, semestinya semakin maju. Situasi keamanan harus dikendalikan, bekerjasama dengan daerah lainnya.

"Hal seperti ini semestinya bisa dibendung jika pemerintah provinsi dan kabupaten mau kerjasama untuk mengatasi masalah tersebut," ujar Yakoba.

Namun, dia menilai pemerintahan seakan menutup mata dan telinga. Tidak melihat situasi yang terjadi.  

"Pemerintahan ini tugasnya apa,  kami melihat seolah-olah "tertidur" sehingga tidak  mengetahui keadaan saat ini.  Karena tidak adanya perhatian dari pemerintah, membuat masyarakat berjalan dengan pemikirannya sendiri," ujarnya.

Yakoba meminta pemerintah setempat dalam menangani kasus ini harus ada komitmen bersama, sehingga situasi daerah dapat kondusif kembali.

"Pemerintah jangan melihat kejadian ini hanya sebelah mata dan menganggap tidak terjadi apa-apa.  Sebagai pemangku jabatan dan punya kewenangan penuh harus hati-hati, kalau anda tidak bekerja dengan baik dan benar, maka nanti dihadapan Tuhan akan dipertanggungjawabkan," kata Yakoba.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network