Kunker ke Kampung Lakahia, Freddy Thie Serius Tindaki Penyakit Kaki Gajah

Dheddy Rumangun
Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie saat menyambangi tim survei dan pemeriksaan penyakit filariasis limfatik atau penyakit kaki gajah di Lakahia. Foto: Dheddy Rumangun

KAIMANA, iNewsJayapura.id - Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie menyambangi tim survei dan pemeriksaan penyakit filariasis limfatik (LF) atau penyakit kaki gajah di Lakahia, Kaimana (17/10/2023). Tim terdiri dari kerjasama Kemenkes RI dan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), dinas kesehatan provinsi Papua Barat dan dinas kesehatan Kabupaten Kaimana.

Dalam kunjungan itu, Bupati Freddy Thie berterimakasih atas kerja tim yang berkolaborasi dari pusat hingga daerah untuk menentaskan penyakit tersebut. Ia mengatakan bahwa pemda akan menseriusi penyakit ini melalui dinas kesehatan Kaimana.

“Semangat kita dimulai dari dinas sampai ke tingkatan pustu, dengan adanya pendampingan ini dari waktu ke waktu berjalan ke depan baik yang sudah positif maupun yang baru terdeteksi penyakit ini, kita harus tindaki dengan serius”, jelas Bupati Freddy.

Diketahui menurut penjelasan dari tim USAID dan dinas kesehatan bahwa penyakit LF di Indonesia merupakan yang tertinggi ke tiga di dunia. Dimana satu dari tiga orang di Indonesia berisiko mengalami penyakit tersebut.

Olehnya itu, Bupati Freddy Thie menyampaikan akan mendukung dan akan melakukan berbagai langkah preventif. Sehingga ia berharap ketika gejala klinis penyakit Kaki Gajah ditemukan, segera dilakukan tindakan segera.

“Pemda sangat mendukung untuk terus meningkatkan akses pencegahan dan pengobatan secara serius. Baik ketika sudah mengetahui gejala klinisnya maupun sudah sampai ke tahap kronis”, ucap orang nomor satu di Kaimana itu.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network