3 Kabupaten di Papua Pegunungan Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Darul Muttaqin
Komisioner KPU Papua Pegunungan, Theodorus Kosay saat diwawancara. Foto : Darul Muttaqin

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Pegunungan akan melakukan pemungutan suara susulan di tiga kabupaten lantaran terjadi keterlambatan pendistribusian logistik Pemilu.

Tiga Kabupaten yang akan melakukan pemungutan suara ulang yaitu, Kabupaten Jayawijaya, terdapat delapan tempat pemungutan suara atau TPS di dua distrik. Kemudian, Kabupaten Lanny Jaya di Distrik Poga terdapat 13 kampung dengan 29 TPS.

"Pemungutan suara susulan dilaksanakan Kamis (15/2/2024) karena alasan peserta pemilu dan masyarakat menahan kotak suara," jelas Komisioner KPU Papua Pegunungan, Theodorus Kosay.


Distribusi logistik Pemilu 2024 di Jayawijaya, Papua Pegunungan. Foto : Darul Muttaqin

"Kabupaten lainnya yaitu Yalimo tepatnya di Distrik Apalapsili terdapat 13 kampung dengan 16 TPS, serta Distrik Walarek terdiri dari tujuh kampung dengan jumlah TPS 10. Pemungutan suara belum dilakukan di distrik ini karena faktor cuaca," sambungnya.

Theodorus mengatakan, setelah pelaksanan pemilu serentak pada 14 Februari 2024, terdapat sejumlah TPS belum melaksanakan pemungutan suara.

"Sehingga sebagai penyelenggara, berdasarkan pada PKPU Nomor 25 Tahun 2023,Pasal 109 dan Pasal 110 tentang Pemilu susulan, kami melaksanakan pemungutan suara susulan," ungkap Theodorus.

Dia menyebut, Bawaslu Kabupaten Jayawijaya sedang melakukan dokumentasi terkait pemilu susulan, agar dapat membuat rekomendasi di tiga kabupaten tersebut.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network