Pelantikan Pengurus BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke Periode 2024-2029

Muhammad Syahrir Muslimin
Prosesi pemberian bendera Pataka BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke, oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau disaksikan Ketua Umum DPP KOMPAK Sukhri Syawir. (Foto: Syahrir Muslimin)

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Pangkep Ny. Nurlita Wulan Purnama menghadiri pelantikan dan pengukuhan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (KOMPAK) Papua Selatan dan Badan Pengurus Daerah (BPD) KOMPAK Merauke periode 2024-2029.

Pelantikan tersebut berlangsung di Swissbel Hotel Merauke Papua Selatan, Sabtu (22/06/2024) pagi pukul 10.00 WIT, yang dihadiri Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo diwakili Inspektur Provinsi Papua Selatan Sucahyo Agung Dwi Ariyanto dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka diwakili Kepala Kesbangpol Merauke Ramadayanto serta Forkopimda Merauke dan Papua Selatan.

Pelantikan dan Pengukuhan Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (KOMPAK) Badan Pengurus Wilayah (BPW) Papua Selatan diketuai Aswar dan Badan Pengurus Daerah (BPD) Merauke diketuai Samsiah Chia Saing yang dilantik secara langsung oleh Ketua Umum DPP KOMPAK Sukhri Syawir.

Bupati Kabupaten Pangkep yang juga sebagai dewan Pembina KOMPAK Muhammad Yusran Lalogau dalam sambutannya di depan warga Pangkep yang hadir dalam acara pelantikan tersebut, memaparkan program kerjanya yang telah dijalankan di Kabupaten Pangkep dan juga memaparkan profil daerah Kabupaten Pangkep.

“Jadi, Pangkep adalah Pangkajene dan Kepulauan yang bisa kita sebut dengan Kabupaten Pangkep. Kemudian, Kabupaten Pangkep memiliki 13 Kecamatan (Distrik) yakni, 2 kecamatan di wilayah pegunungan, 7 kecamatan di daratan dan 4 kecamatan di kepulauan,” ujarnya.

Bahkan, katanya Pangkep adalah salah satu miniatur dari Indonesia yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan karena terdapat bermacam suku.

Bupati Yusran menjelaskan program-program kerjanya seperti kesehatan dan juga pendidikan yaitu, memberikan seragam baju gratis untuk anak-anak. Selain itu, Bupati Yusran memaparkan seluruh programnya itu harus menjangkau ke semua masyarakat Kabupaten Pangkep yang ada di tiga wilayah tersebut.

“Maka dari itu, program-program ada yang kami targetkan itu bagaimana semua program-program pemerintah ini bisa menjangkau tiga wilayah tersebut, yakni pegunungan, daratan dan juga kepulauan yang ada di Kabupaten Pangkep. Jadi, ini semua untuk masyarakat Pangkep kita,”jelasnya

Bupati Yusran menyampaikan kepada pengurus KOMPAK Provinsi Papua Selatan dan KOMPAK Merauke yang baru saja dilantik agar bisa melakukan pendataan terhadap warga Pangkep yang ada di Provinsi Papua Selatan maupun di Merauke

“Untuk pengurus KOMPAK terlebih dahulu, baik itu wilayah (provinsi) atau Daerah,harapan saya yang pertama yaitu, bagaimana kita bisa mengumpulkan (mendata) warga kita sendiri khususnya orang Pangkep. Karena tidak dipungkiri, mungkin masih ada keluarga kita yang mungkin bisa saja kita tidak tahu ada di Provinsi Papua Selatan atau di Merauke. Disinilah yang saya harapkan dari pendataan warga Pangkep ini, kita bisa saling menjaga sesama kita orang Pangkep di tanah rantau,” ujarnya.

Bupati menyarankan pengurus KOMPAK yang baru dilantik ini, untuk segera melakukan rapat kerja (Raker) guna menentukan program-program kerja apa saja yang akan dilakukan oleh pengurus baru ini, serta membuat program kerja yang mendukung visi misi Pemerintah Provinsi Papua Selatan maupun Pemerintah Kabupaten Merauke.

Saya berharap, pengurus di tingkat wilayah dan Daerah yang telah dilantik ini, untuk melaksanakan rapat kerja. Dari rapat kerja pengurus baru inilah yang kita harapkan, bagaimana mereka dapat mensinkronkan visi misi pemerintah daerah Kabupaten maupun provinsi yang ada di wilayah ini, bisa gabung atau padukan dengan program kerja mereka,” harapnya.

“Istilahnya, ada yang bisa di sinkronkan untuk mendukung visi mis pemerintah daerah di sini. Karena tidak bisa di pungkiri, bahwa kita juga dapat mensupport apa yang dilakukan oleh pemerintah"ta yang ada di wilayah’ta di sini,” tambahnya.

Di akhir acara, Bupati Pangkep Yusran memberikan cinderamata kepada Inspektur Papua Selatan dan Kepala Kesbangpol Merauke serta Ketua BPW KOMPAK Aswar, juga memberikan cinderamata kepada Bupati Pangkep.

Sementara itu, Ketua BPW KOMPAK Provinsi Papua Selatan, Aswar dalam sambutanya mengatakan, Terima kasih yang tak terhingga kepada BPP KOMPAK yang telah memberikan Amanah kepada kami,yang baru saja dilantik dan dikukuhkan dalam rangka menjalankan roda organisasi KOMPAK untuk 5 tahun kedepan.

"Dalam menjalankan roda organisasi ini,kami sangat berharap dukungan saran yang membangun dari semua pihak,agar perjalanan KOMPAK di Papua Selatan dapat berlangsung sesuai dengan AD/ART,dengan mengutip pepatah Bugis "RESOPA TEMMANGINGNGI NAMALOMO NALETEI PAMMASE DEWATAE" yang artinya hanya dengan kerja keras dan ketekunan tanpa kebosananlah akan menjadi jalan limpahan rahmat Allah S.W.T." ujarnya.

Kehadiran Gubernur Papua Selatan yang diwakili dan Bupati Merauke yang diwakili serta Bupati Pangkep bersama Rombongan pada pelantikan dan pengukuhan BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke menjadi suatu kebahagian sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk dapat membesarkan kompak yang sudah besar ini,khususnya di Wilayah Papua Selatan yang terdiri dari 4 kabupaten,yakni Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel," ujarnya.

“Saya akan laksanakan amanah organisasi ini, termasuk pendataan warga Pangkep. Saya harap warga Pangkep bersatu, saling membantu dan meningkatkan silaturahmi,” tambahnya.

“Tidak ada kata yang bisa saya ucapkan, selain Alhamdulillah karena terwujud sesuai niat kami Orang Pangkep bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” tutupnya.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network