KPU Kabupaten Yahukimo Terima 3 Paslon dalam Pendaftaran Pilkada 2024

Paul Karma
Komisioner KPU Papua Pegunungan, Naftali Emmauel Paweka saat menyerahkan berkas paslon ke Komisioner Bawslu Yahukimo. (Foto : Paul Karma)

YAHUKIMO, iNewsJayapura.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, telah resmi menerima pendaftaran tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam Pilkada tahun 2024. Ketiga pasangan tersebut adalah Bupati petahana Didimus Yahuli dan Esau Miram, Yosep Payage dan Mari Mirin, serta Mesak Mirin dan Merilis Heselo. Pendaftaran ini berlangsung pada Kamis (29/08/2024).

Setelah menerima pendaftaran dari ketiga pasangan calon, Naftali Emmanuel Paweka, Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan yang mendampingi KPU Yahukimo, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pasangan calon yang telah melakukan pendaftaran.

"Pertama, saya sampaikan terima kasih kepada semua paslon yang melakukan pendaftaran selama tiga hari, dari tanggal 27 hingga 29 Agustus. Kami membuka pendaftaran selama tiga hari, namun di hari pertama dan kedua tidak ada yang mendaftar. Baru di hari terakhir, ketiga paslon melakukan pendaftaran. Setelah kami menginput data di Silon, ketiga paslon sudah layak memenuhi syarat 8,5% sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2024," kata Naftali Emmanuel Paweka, Anggota Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Naftali Paweka menjelaskan, pasangan Didimus Yahuli dan Esau Miram melakukan pendaftaran pada pukul 12 siang, diikuti oleh pasangan Yosep Payage dan Mari Mirin yang mendaftar pada pukul 3:30 sore, dan terakhir pasangan Mesak Mirin dan Merilis Heselo yang mendaftar pada pukul 7 malam.

"Hasil pendaftaran dan verifikasi yang dilakukan oleh staf KPU menunjukkan bahwa semua pasangan calon memenuhi syarat sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2024. Kami mengapresiasi proses yang berjalan dengan baik dan tertib, serta menyampaikan terima kasih kepada aparat penegak hukum, pemerintah, Bawaslu, dan masyarakat pendukung masing-masing paslon yang telah menjaga keamanan," tambahnya.

Lebih lanjut, Naftali Paweka menyatakan bahwa KPU Kabupaten Yahukimo telah memberikan arahan kepada semua pasangan calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Jayapura.

"Kami dari KPU sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Dok II di Jayapura, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba bagi para pasangan calon," tutupnya.

Dengan diterimanya tiga pasangan calon ini, tahapan Pilkada di Kabupaten Yahukimo berjalan sesuai rencana dan diharapkan dapat terus berlangsung aman dan lancar hingga hari pemilihan.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network