Komitmen Mari-Yo Ciptakan Pemilukada Papua yang Aman Damai Terutama saat Kampanye

Fredy Nuboba
Pasangan Bakal Calon Gubernur - Wakil Gubernur Papua periode 2024 - 2029, Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari-Yo). (Foto : Istimewa)

Jaga Tahapan Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua meminta semua pihak berkomitmen untuk menjaga tahapan kampanye pasangan calon baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota pasca penetapan.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Papua, Yofrey Piryamta Kebelen mengaku pihaknya telah mendapat informasi mulai banyak kampanye yang dilakukan di awal, termasuk isu berita bohong atau hoaks bahkan politisasi SARA.

"Kami telah mendapatkan informasi saat ini mulai banyak kampanye yang dilakukan di awal. Untuk itu, kami imbau semua pihak berkomitmen jaga tahapan kampanye," kata Yofrey Kebelen.

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan langkah awal dari Bawaslu Papua dalam melakukan pencegahan di awal masa tahapan pilkada serentak 2024.

"Begitu juga untuk membangun komitmen bersama pihak terkait seperti partai politik, pasangan calon serta semua semua pemangku kepentingan untuk menjaga tahapan kampanye agar dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan," ujarnya.

Terkait dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), kata Yofrey pihaknya tetap mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh ASN dapat melihat pasangan calonnya pada momen atau di tempat lain tanpa harus ada bersama dalam proses kampanye," ujarnya.

Untuk diketahui acara Coffee Morning ini turut dihadiri perwakilan Forkopimda Provinsi, KPU, Partai Politik, dan stake holder.

Editor : Darul Muttaqin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network