get app
inews
Aa Read Next : BPJS Kesehatan Kepwil XII Berikan Penghargaan Badan Usaha Se-Wilayah Tanah Papua

BPJS Kesehatan Manokwari Permudah Peserta Melalui Fitur Mobile JKN

Jum'at, 27 Januari 2023 | 21:29 WIB
header img
Peserta JKN memanfaatkan fitur antrean online di aplikasi Mobile JKN.Foto : iNewsJayapura.id/Adrian Kairupan.

MANOKWARI, iNewsJayapura.id  – Seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat, BPJS Kesehatan tentunya terus berupaya memberikan kemudahan kepada peserta salah satunya pengembangan fitur pada Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses layanan baik dari segi administrasi maupun layanan fasilitas kesehatan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Nurus Dyah Mustikomurti menyampaikan pihaknya bersama  fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan akan terus meningkatkan mutu layanan demi kepuasan dan kemudahan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan.

FKTP merupakan garda terdepan yang di akses oleh masyarakat apabila membutuhkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu dengan hadirnya antrean online di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) diharapkan dapat memudahkan masyarakat khususnya peserta JKN,” kata Nurus di ruang kerjanya, Jumat (27/01).

Nurus menegaskan bahwa kini peserta JKN dapat mengakses antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN yang telah terintegrasi dengan antrean online di fasilitas kesehatan.

“Bagi peserta JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mendaftar melalui Aplikasi Mobile JKN dengan pilih fitur pendaftaran pelayanan (antrean online). Setelah peserta mengisi petunjuk pada fitur tersebut peserta langsung mendapat nomor antrean sehingga bisa memperkirakan waktu datang ke fasilitas kesehatan,” jelasnya.

 “Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat juga membiasakan dengan antrian online. Kami juga berharap di daerah timur ini kalau sudah bisa jalan digitalisasi-nya nanti akan lebih mudah pelayanannya,” ucap Nurus.

Salah satu peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Hendra mengatakan telah  memanfaatkan fitur antrean online dalam aplikasi Mobile JKN. Iapun mengaku sangat terbantu dan bisa menghemat waktu saat berobat.

“Kami sekeluarga sudah beberapa kali menggunakan fitur antrean online di klinik dan baru satu kali di rumah sakit. Jujur ini pengalaman yang harus saya bagikan ke masyarakat kalau kita bisa berobat tanpa harus menunggu antrean hingga beberapa jam. Dulu saat masih menggunakan antrean manual biasanya paling cepat mengantre satu jam asal datang duluan, kalau sekarang kita sudah bisa memperkirakan kapan kita datang untuk mendapat giliran antrean,” ucapnya.

Sebagai informasi , pendaftaran antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN dibuka 24 jam sebelum jam buka operasional dan ditutup satu jam sebelum tutup jam operasional. Pasien dapat melakukan pendaftaran dimanapun dan kapanpun sehingga lebih efektif dan waktu tidak terbuang banyak karena tersita untuk menunggu antrean di fasilitas kesehatan.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut