get app
inews
Aa Read Next : Silfanus Ndiken Cabor Atletik Sumbang Medali Perak bagi Kontingen Papua Selatan

Bawaslu Asmat Minta Pengawas Pemilu Kampung Jaga Integritas dan Netralitas

Selasa, 07 Februari 2023 | 00:12 WIB
header img
Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Distrik Agats di gedung Worow Cem, Kabupaten Asmta, Papua Selatan. Foto : iNewsJayapura.id/Petrus Letsoin

ASMAT, iNewsJayapura.id –  Sebanyak 224 Panitia Pengawas pemilihan Umum Kampung yang tersebar di 23 distrik mulai dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Komisioner Panwas Distrik masing-masing.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Asmat, Devisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Hasan Haruna menjelaskan sesuai petunjuk teknis jadwal, pelantikan Panitia Pemilihan Kampung digelar serentak pada 5 – 6 Februari, namun terkendala jarak dan kondisi geografis sehingga beberapa distrik akan digelar pada 8 Februari mendatang.

“Hari ini pelantikan di dua distrik. Sisanya akan digelar esok hingga tanggal 8. Kami sudah membagi empat korwil untuk melakukan pendampingan pelantikan dan pembekalan kepada Pengawas Pemilu Kampung,” Kata Haruna, usai pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Distrik Agats di gedung Worow Cem, Minggu (5/2/2022).

Setelah dilantik, para pengawas Kampung akan digembleng dengan berbagai bimtek untuk dapat melaksanakan tugas pengawasan pemutakhiran data pemilih dan verifikasi faktual calon anggota DPD.

Selain itu, Haruna menegaskan bahwa dalam menjalankan tugas, setiap Pengawas Kampung harus berlandaskan sumpah, janji dan pakta integritas yang diucapkan karena mengandung tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemilu di tingkat bawah.

“Walaupun secara pribadi bahwa setiap orang itu mempunyai pilihan, mempunyai tokoh, tetapi harus bias memisahkan pribadinya dengan tugasnya sebagai pengawas,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan Pengawas Pemilu Kampung agar menjaga integritas, netralitas serta profesionalitas, demi suksesnya pemilu serentak 2024.

“Setiap pengawas yang kita rekrut ini harus memiliki integritas yang tinggi. Berarti bahwa dalam menjalankan tugas ini betul betul sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Karena kita ini pengawas yang netral, atau tidak berpihak pada kelompok tertentu,” ujarnya.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut