get app
inews
Aa Read Next : Transaksi Menggunakan QRIS di Festival Cenderawasih Capai Rp586 Juta

Buka Festival Pantai Jerman, Mendag Dorong Produktivitas UMKM di Bali

Jum'at, 23 Juni 2023 | 17:43 WIB
header img
Menteri Zulhas, didampingi Ketua Sterring Comitte (SC) Bhinneka Festival Cultrure Pantai Jerman yang juga Direktur FALKEN UPVC Syamsunar. Foto: Fery Fadly

BADUNG, iNewsJayapura.id - Festival Pantai Jerman Jilid 2 digelar di Pantai Jerman, event tahunan ini dibuka oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Jumat (23/06/23).

Festival Pantai Jerman Jilid 2 kali ini memiliki tema Bhineka Culture. Menteri Zulhas mengatakan pihaknya sangat mendukung keberlangsungan Festival Pantai Jerman.

Terkait Festival, kata Menteri Zulhas dengan temanya Bhineka Culture Pantai Jerman, memiliki makna yang sangat luas.

"Jadi kita kaya sekali, kaya alam kepingan surga ada disini di pantai Jerman Kuta, panas tidak terasa alam begitu indah, adat istiadat banyak suku saya dari Lampung, ada Jawa, Sumatera, Bali harus kita dukung," ungkap Menteri Zulhas, didampingi Ketua Sterring Comitte (SC) Bhinneka Festival Cultrure Pantai Jerman yang juga Direktur FALKEN UPVC Syamsunar, di Pantai Jerman.

Menteri Zulhas meminta agar angan sampai orang barat jadi orang Bali dan kebalikannya orang Bali jadi orang barat.

"Bhineka Culture Pantai Jerman saya dukung untuk diadakan setiap tahun," tandasnya.

Ia pun mendorong agar pelaku UMKM dapat lebih giat lagi dalam hal produktivitas dan Kemendag katanya siap memasarkan dan memamerkan produk mereka yang sudah disediakan oleh kementerian perdagangan.

"Nanti yang bagus - bagus itu kita ada trade Expo Indonesia itu di Oktober ada buyer 100 negara ekspor, teman teman juga bisa ikut kemana - mana karena kemendag suka ada pameran. Banyak oleh karena itu kita ingin UMKM kita ini produktivitas nambah, dari segi dukungan pembiayaan, sehingga teman teman bisa berkembang di lokal dan dunia," pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Pantai Jerman Jilid 2 I Wayan Tegeg mengatakan, dalam festival Pantai Jerman Jilid 2 kali ini pihaknya mengangkat budaya Bali sebagai ujung tombak dalam memperkenalkan pantai Jerman ke dunia.

"Kami di Pantai Jerman ini wilayah desa adat Kuta, ini tamu mancanegara di Kuta luar biasa sehingga budaya di Kuta ini banyak sekali, sehingga kami mengangkat Bhineka Culture Pantai Jerman ini tujuannya untuk mengangkat khususnya budaya Bali Indonesia dan dunia khusus di Pantai Jerman dan umumnya Pantai Kuta," tandasnya.

Menteri Zulhas sendiri sebelum membuka festival melakukan pelepasan tukik yang dilanjutkan dengan meninjau Sejumlah UKM - UMKM yang ada di lokasi.

Ia pun nampak membeli sejumlah produk yang dipasarkan di lokasi seperti pernak-pernik gelang aksesoris, celana dan lainnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut