get app
inews
Aa Read Next : Penjabat Bupati Kunjungi Posyandu Gimbis Distrik Kobakma

Tanggapi Aksi Demo Sekelompok Orang di Mamteng, Ketua DPRD Tegaskan Dua Orang Asli Papua

Sabtu, 09 September 2023 | 19:41 WIB
header img
Ketua DPRD Mamberamo Tengah di dampingi Ketua Fraksi saat memberikan keterangan pers di Jayapura. Foto: Fredy Nuboba

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Menangapi demo yang terjadi di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), soal pengusulan Pj Bupati Kabupaten Mamberamo tengah, yang mana dalam pernyataan dari para pendemo menyebutkan DPRD Mamteng tidak mengusulkan putra asli daerah setempat.

Ketua DPRD Mamteng, Hengky Dani Yikwa menegaskan apa yang disampaikan oleh para pendemo itu sangat tidak benar, dan mereka ini hanya sekelompok orang yang mengatas namakan Perwakilan Lima Distrik Yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah. Dirinya Tegaskan bahwa, Pengusulan 3 nama Pj Bupati Mamteng ke Mendagri itu ada dua orang anak asli Papua yakni Mesir Yikwa (Sekda Mamteng) dan Amar Pagak (Matan Kepala Dinas Pendidikan Mamteng). Dan satu nama lagi yaitu Manogar Sirait.

Diakuinya, memang Manogar Sirait bukan putra asli, tetapi beliau sudah bertugas lama sejak Kabupaten Mamberamo Tengah terbentuk, dan telah menduduki berbagai jabatan Pemerintahan di Kabupaten Mamberamo Tengah dan punya banyak pengalaman tentang birokrasi. Sehingga nama beliau pantas diusulkan menjadi Pj Bupati Mamteng, Sabtu (09/09/2023).

"Pengusulan tiga nama ini sudah sesuai dengan mekanisme, sehingga nantinya dari ketiga nama yang diusulkan. Siapa yang dipilih dan dilantik oleh Mendagri itulah Pj Bupati Mamteng," tegas Hengky Jikwa.

Lebih lanjut Hengky kembali menegaskan kepada Mendagri, tidak boleh menerima oknum-oknum yang datang untuk mengusulkan nama Pj Bupati Mamteng mengatasnamakan masyarakat atau lembaga DPRD Mamteng. Karena 3 nama yang sudah di usulkan oleh pihaknya itu sudah sah dan sesuai dengan mekanisme.

Sementara itu Yustius Yikwa dari fraksi Gabungan DPRD Mamteng menambahkan, untuk ketahuan masyarakat Mamteng berkaitan dengan pengusulan nama Pj Bupati Mamteng tidak serta merta DPR mengusulkan dengan sesuka hati. Ada mekanismenya.

"Jadi tiga nama yang sudah diusulkan itu memenuhi syarat dan sudah sesuai dengan mekanisme perundang-undangan. Kami DPR hanya mengusulkan yang berhak menentukan siapa Pj Bupati adalah Mendagri," tegas Yustius.

Dirinya berharap oknum-oknum yang hari ini membangun opini-opini liar diluar sana, Jagan memperkeru suasana di Mamteng, karena daerah Mamteng adalah tanah Injil.

"Mari semua masyarakat agar tenangkan diri. Dari ketiga nama yang diusulkan siapapun yang ditunjuk oleh Mendagri itulah dia Pj Bupati kita," tandasnya.

Masih ditempat yang sama Marmin Yikwa dari DPRD Mamteng, sepakat tiga nama yang telah diusulkan untuk menjadi calon Pj Bupati Mamteng.

"Ketiga nama yang diusulkan itu sudah sesuai dengan mekanisme, sehingga kami dari fraksi siap pasang badan dan kawal sampai ada penunjukan oleh Mendagri siapa yang akan menjadi Pj Bupati Mamteng," pungkasnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut