get app
inews
Aa Read Next : Pasangan MaJu yang Diusung 4 Parpol Besar, Siap Mendaftar di KPU Mappi

Bantuan Dana Stimulan UMKM Bagi Mama Asli Papua, Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian

Rabu, 27 September 2023 | 19:20 WIB
header img
Pj. Bupati Mappi saat memberikan bantuan stimulan bagi mama papua. Foto: M. Syahrir Muslimin

MAPPI, iNewsJayapura,id - Pemerintah Kabupaten Mappi Provinsi Papua Selatan kembali menyalurkan bantuan Stimulan bagi pelaku usaha UMKM bagi mama -mama asli Papua Kabupaten Mappi Papua Selatan Tahun 2023.

Penyaluran dana bantuan stimulan bagi mama-mama asli Papua Kabupaten Mappi itu diserahkan langsung oleh Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar yang berlangsung di pendopo, Senin (26/09/2023).

Penyaluran bantuan dana stimulan tersebut merupakan program rutin setiap tahunnya yang dilakukan oleh Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM semenjak dirinya menjabat sebagai Pj Bupati pada tahun 2022 lalu.

Langkah yang digagas Pj Bupati Mappi ini dengan menggunakan sumber dana dari dana Otonomi Khusus (Otsus). Bantuan stimulan bagi mama Papua ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Serta upaya untuk mencegah kemiskinan Ekstrem sebagaimana yang telah menjadi program prioritas pemerintah pusat saat ini.

Pj Bupati, Michael R. Gomar dalam arahanya mengatakan, penyerahan bantuan Stimulan kepada pelaku UMKM mama - mama papua asli Kabupaten Mappi guna mengingkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu hal ini juga sebagai bentuk langkah konkrit dari Pemda Mappi untuk mengantisipasi atau mencegah kemiskinan ekstrem.

"Penyaluran bantuan ini sudah terprogram dalam APBD Kabupaten Mappi tahun 2023. Kegiatan ini juga merupakan program lanjutan Pemerintah daerah sejak tahun 2022 lalu.penyaluran bantuan stimulan bagi pelaku UMKM mama asli Papua Mappi sumber dana melalui dana Otsus tahun 2023."ucapnya.

"Kami pemerintah daerah melalui dinas perdagangan Koperasi dan UMKM mengalokasikan dana sebesar 1 milliar sebagai dukungan berupa bantuan stimulan untuk disalurkan bagi pelaku UMKM mama Papua Asli Mappi,"pintahnya.

Lebih jauh menjelaskan  penerima bantuan stimulan UMKM tentunya melalui pengelolahan usaha UMKM yang terdata, terakomodir dan terwakilkan dari beberapa distrik di Kabupaten Mappi. Sebanyak 500 orang mama -mama Papua asli Mappi yang menerima bantuan Stimulan UMKM yang proses penyaluran dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan nominal masing -masing mendapatkan Rp.500.000.

"program ini merupakan langkah konkrit dari pemerintah daerah Kabupaten Mappi untuk mengantisipasi atau mencegah kemiskinan ekstrem. Tetapi juga ini bertujuan untuk memberikan dukungan serta motivasi melalui bantuan stimulan kepada mama Asli papua Mappi.

"Walaupun mungkin besaran alokasi sebesar Rp.500.000 pertriwulan sekali cukuplah kecil. Tapi kami berharap dengan ketersediaan dan kemampuan keuangan daerah yang tersedia, maka bantuan stimulan bisa digunakan, dikelolah dengan baik untuk membantu operasional dan juga kebutuhan lainnya dalam mengembangakn usaha UMKM masyarakat,"tegasnya.

Pj. Bupati menerangkan, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk memberikan bantuan stimulan UMKM secara berkelanjutan kepada mama -mama asli Mappi.

Pj Bupati menambahkan, sebelumnya pada tahun 2022 lalu. Pemerintah daerah melalui dana APBD Perubahan telah mengalokasikan dana bantuan stimulan kepada mama-mama sebanyak 1.000 orang (seribu orang). Dan di tahun 2023 karena keterbatasan dana maka yang terakomodir hanya 500 orang. Pemda berhadap agar bantuan dana stimulan yang disalurkan ini dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi dan manfaat bagi masyarakat.

"Artinya setiap tiga bulan sekali mama -mama mendapatkan bantuan dan bantuan ini di transfer langsung ke rekening mama -mama. tidak diberikan secara tunai. Kiranya bantuan stimulan ini bisa memberikan dampak positif serta meningkatkan usaha mama -mama, baik itu pedagang pinang, sagu, sayur -sayuran dan lain lain. Kami berharap ini bisa memberikan manfaat bagi mama -mama,"tutupnya.

Sementara itu salah seorang mama pelaku usaha UMKM, Agnes Romana Katimu menyampaikan ucapan terimkasih kepada Pj Bupati Mappi yang telah menyalurkan bantuan tersebut.

"Selama ini kita menjual pake kita punya modal sendiri. Sekarang ini kita sudah dapat bantuan, semoga agak lebih bagus kedepannya,” tuturnya.

Agnes yang kesehariannya berjualan di pasar Lilin kota Kepi mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Menurutnya ditengah keterbatasan mereka, Pemerintah daerah dapat menyalurkan bantuan tersebut sehingga bisa menambah modal bagi mereka.

"Terimakasih banyak, saya perwakilan dari mama-mama pasar lilin sampaikan terimakasih kepada Bapak Pj. Bupati yang sudah memberikan bantuan kepada kami,"tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut