get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Penyerahan Sertifikat Tanah oleh Wakil Presiden RI di Papua Youth Creative Hub

Rabu, 11 Oktober 2023 | 19:56 WIB
header img
Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin saat menyerahkan sertifikat tanah. Foto: Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat turut hadir dalam acara penyerahan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin, di Gedung Theater Papua Youth Creative Hub (PYCH), Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Sekretaris Wakil Presiden, Ahmad Erani Yustika, serta Dirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Virgo Eresta Jaya, Pj. Gubernur Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasuku, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Isak Pangemanan, serta sejumlah staf ahli dan perwakilan Forkopimda.

Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda kunjungan kerja Wakil Presiden RI selama lima hari di Papua. Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian dan Badan Pertanahan Nasional, Walikota Jayapura, serta seluruh tamu undangan yang hadir.

"Kali ini saya lebih banyak bertemu dengan beberapa komunitas dan penggiat hak asasi manusia, serta tokoh agama dan pengusaha, untuk mendengarkan pandangan mereka. Saya ingin lebih banyak menangani keluhan dan keinginan masyarakat Papua demi kesejahteraan dan kemajuan daerah ini," ujar Wakil Presiden.

Wakil Presiden juga menekankan pentingnya program PTSL, yang bertujuan mempercepat pendaftaran sertifikat tanah secara gratis di seluruh Indonesia. Ia menyatakan bahwa sertifikat tanah memiliki nilai penting dalam konteks sosial, budaya, dan ekonomi, serta memberikan jaminan hukum yang kuat bagi pemilik tanah.

“Pengaturan tanah adat dan budaya juga menjadi perhatian dalam upaya percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat. Oleh karena itu, kami mendorong peran penting pemerintah daerah dan pusat dalam kerja sama dengan masyarakat Papua untuk membangun wilayah ini,” ucapnya.

Kepala Sekretaris Wakil Presiden, Ahmad Erani Yustika, menekankan pentingnya kelola data sertifikat tanah dengan tepat dan akurat untuk memastikan sumber informasi yang mudah diakses. Semua pihak diminta untuk menjaga hak hukum atas tanah masyarakat serta fasilitas dan sumber daya manusia.

Pada akhir acara, Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menyerahkan sertifikat PTSL kepada sepuluh perwakilan penerima, yang meliputi berbagai lapisan masyarakat di Papua, sebagai bentuk nyata dari upaya pemerintah untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan di tanah Papua.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut