get app
inews
Aa Read Next : Pasangan MaJu yang Diusung 4 Parpol Besar, Siap Mendaftar di KPU Mappi

Puluhan Guru PAUD dan SD di Kabupaten Mappi Mengikuti Bimtek Transisi PAUD ke SD

Minggu, 22 Oktober 2023 | 06:20 WIB
header img
Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Mappi Sumarno, foto bersama usai membuka Bimtek Transisi bagi guru PAUD dan SD se-kota kepi. Foto: M. Syahrir Muslimin

MAPPI, iNewsJayapura.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) bagi guru PAUD dan guru SD kelas awal Tahun 2023 Se-Kabupaten Mappi, Rabu (18/10/2023).

Pj. Bupati Mappi, Michael R. Gomar melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi Sumarno mengatakan program merdeka belajar yang digulirkan pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan.

Ia menerangkan, kebijakan merdeka belajar merupakan langkah untuk menstranformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul yang melalui penguatan profil pelajar pancasila.

Ia menyebutkan, pada episode ke-24 Program merdeka belajar, yaitu menegaskan tentang transisi PAUD ke SD merupakan terobosan pemerintah, bagaimana mempermudah proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik paud, menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru.

Ia menerangkan, transisi PAUD ke SD ini harus bisa membangun kepercayaan diri anak sebagai persiapannya memasuki tahapan pendidikan yang lebih tinggi yakni jenjang Sekolah Dasar.

"Tidak dapat dipungkiri saat ini di lingkungan kita masih ditemukan banyak anak yang tidak sempat menjalani pendidikan di jenjang PAUD melainkan langsung memasuki jenjang kelas satu Sekolah Dasar. Hal ini membuat mereka tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi hak-nya. Kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemi,"ungkapnya.

Ia menegaskan, bagaimanapun transisi PAUD ke SD ini sangat penting karena dimasa transisi inilah, saat anak memasuki kelas awal di SD menjadi masa yang sangat penting untuk menguatkan berbagai kemampuan pondasi pada anak. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman tentang hal-hal mendasar yang terjadi sehari-hari.

"Kegiatan Transisi PAUD ke SD adalah program kerja POKJA Bunda PAUD Kabupaten Mappi. Kita Selama 3 hari kedepan ini para Guru PAUD dan Guru SD Kelas Awal akan mengikuti Kegiatan Transisi PAUD ke SD," ucapnya.

Ia menegaskan, kegiatan ini akan diikuti sebanyak 54 Peserta yang berasal dari 10 TK dan 7 SD di wilayah Distrik Obaa dan akan di fasilitasi oleh Narasumber dari BPMP Papua.

"Saya berharap kepada Bapak/Ibu kepala Sekolah dan Guru dapatmengikuti kegiatan dengan baik. Kami juga mengucapkan selamat mengikuti kegiatan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaatkan dan warna baru di PAUD maupun SD di Kabupaten Mappi,"tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut