get app
inews
Aa Read Next : Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Tingkat Provinsi Papua Pegunungan Diskors

Tabligh Akbar & Maulid, Pererat Tali Silaturahmi Kebugis Sidrap Bersama Pilar & Organisasi Jayapura

Senin, 30 Oktober 2023 | 14:33 WIB
header img
Penceramah asal bugis hingga tingkat Internasional, Ustadz Muhammad Yusuf saat menyampaikan tauksiyahnya. Foto: Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Keluarga Bugis Sidrap Kabupaten Jayapura menggelar tabligh akbar dan  peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 Hijriah Tahun 2023, dengan tema meneladani akhlak Rasulullah SAW sebagai pemimpin yang uswatun hasanah, yang dilaksanakan di Halaman Hotel Usman Hawaai Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Senin (30/10/2023).

Dalam tabligh akbar dan maulid tersebut, Kebugis Sidrap menghadirkan penceramah asal bugis hingga tingkat Internasional, Ustadz Muhammad Yusuf dan pembaca Al Barazanji bugis yang juga merupakan juara 1 se-Sulawesi Barazanji, Ustadz Nasrul Haq.

Turut hadir juga, para pejabat Pemerintah daerah Kabupaten Jayapura, anggota DPRD, perwakilan organisasi Islam, organisasi Masyarakat dan ratusan warga Kebugis Sidrap Bersama seluruh pilar di kabupaten Jayapura begitu antusias mengikuti Tabligh Akbar dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H.

Dalam ceramahnya, Ustadz Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa asal usul dalam memperingati maulid dan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

“Jadi peringatan maulid Nabi berarti peringatan waktu kelahiran Nabi Muahmmad SAW maka diperingati hanya 1 bulan selama bulan Rabiul Awal, puncaknya pada 12 Rabiul Awal, tetapi kalau peringatan maulud Nabi itu sampai 6 bulan makanya orang bugis itu bermaulud itu 3 bulan Rabiul Awal, Rabiul Akhir dan Jumadil Awal, kalau kita peringati waktu lahirnya dari situlah Rasulullah memperingati hari lahirnya dengan puasa, kita di sunnahkan berpuasa pada hari senin karena Nabi lahirnya hari senin”, katanya.

Ketua panitia maulid Iriana Stoffel mengatakan kegiatan tabligh akbar dan maulid Nabi ini yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama pilar, Masyarakat dan organisasi lainnya yang berada di Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Ketua Keluarga Bugis Sidrap Kabupaten Jayapura, Prasoyo Ali mengatakan bahwa pada kegiatan maulid merupakan kegiatan yang banyak mendatangkan manfaat bagi umat islam di mana didalamnya mengajak untuk cinta kepada Rasulullah SAW melalui shalawat.

“melalui tema maulid ini, meneladani akhlak Rasulullah SAW, sebagai pemimpin yang uswatun hasanah kami berharap bahwa akhlak Rasulullah itu dapat menjadi contoh bagi teman-teman yang akan bertarung pada pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang”, ucapnya.

Ditambahkan, Prasoyo Ali bahwa sebagai ketua Kebugis Sidrap Kabupaten Jayapura, pihaknya menghimbau keapda seluruh Masyarakat kebugis sidrap menjelang pemilu 2024 agar dapat menjadi pemilih yang cerdas, menggunakan hak suaranya sebaik-baiknya guna mensukseskan pemilu yang jujur, adil, aman, damai dan bermartabat.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut