get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Ketahanan Pangan, Danramil 1714-01/Mulia & Babinsa Bantu Para Petani dalam Program Hanpangan

Dukung Ketahanan Pangan, Danrem 174/ATW Tinjau Lahan Yonif 757/GV di Kampung Ivimahad

Kamis, 23 November 2023 | 16:55 WIB
header img
Komandan Korem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Widodo di dampingi Danyonif 757/GV Letkol inf. Jhony Nofriyadi saat meninjau Lahan milik yonif 757/GV dikampung ivimahad. Foto: M. Syahrir Muslimin

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Komandan Korem (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap (ATW), Brigjen TNI Agus Widodo meninjau Lahan milik yonif 757/GV dikampung ivimahad distrik kurik kabupaten Merauke Papua Selatan yang dijadikan lahan pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan yang merupakan salah satu program pemerintah.

Kegiatan tersebut di awali dengan mengunjungi Mako Yonif 757 yang disambut oleh Wadanyon 757/Ghupta Vira dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten beserta Staf dan Dilanjutkan dengan pemaparan pelaksanaan ketahanan pangan oleh Danyonif 757/GV Lekol Inf Jhony Nofriyady dihadapan Danrem, Kadistan serta tamu undangan yang hadir.

Danyonif 757/GV Letkol Inf. Jhony Nofriyady dalam pemaparanya, pelaksanaan program ketahanan pangan telah disiapkan lahan pertanian seluas 100 Ha dengan lahan siap tanam seluas 36 Ha. Nantinya akan dikelola oleh kelompok tani dan akan dimasukkan 4 sampai 5 orang anggota dari 757 untuk mendampinggi masyarakat dari awal pengolahan tanah hingga pasca panen.

Adapun ketahanan pangan yang dilaksanakan yaitu membuka perkebunan cabe, tomat, semangka, jagung hingga pakan ternak berupa rumput gajah guna menunjang ternak sapi yang ada di Mako Yonif 757/GV.

Selain berkebun, Yonif 757 juga akan mengelola lahan pertanian yang ada di Kampung Ivimahad dan kurang lebih 10 tahun tidak digunakan. Bahkan, sebagian telah menjadi hutan."ucapnya

Dikesempatan yang sama Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo mengungkapkan, program ketahanan pangan adalah program unggulan dari Presiden Republik Indonesia.

"ini adalah implementasi langsung. Kita akan praktekkan dengan segala keterbatasan, tetapi saya yakin program ini akan berjalan," ucapnya.

Danrem menegaskan, mendukung penuh program ketahanan pangan yang dilaksanakan prajurit TNI AD, Danyonif 757/GV, Dandim 1707/Merauke, dan Kasiter korem berkerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merauke untuk mensukseskannya."tutupnya

Sementara itu ditempat terpisah Kadis Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Merauke Papua Selatan Josefina L. Rumaseuw mengungkapkan, pertanian di Merauke ini sudah diimplementasikan. Bahkan, Presiden sudah menyampaikan bahwa lahan pertanian di Merauke adalah kebun kehidupan wilayah timur Indonesia. Meskipun sementara ini, kondisi cuaca kurang mendukung.

"Kami terkendala tanaman yang sangat banyak rusak tetapi tidak mengurangi semangat petani Merauke untuk melanjutkan kesejahteraan masyarakat di Merauke dan wilayah timur,"ucapnya

"Terima kasih untuk Danrem, Danyon dan Dandim karena sudah memberi atau melanjutkan program TNI di Wilayah Kabupaten Merauke. Ini juga menjadi ruang kerja petani Merauke yang ada di wilayah ini," sambung Rumaseuw.

Dia membeberkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Merauke mencoba mengolah benih. "Hadir nya TNI ini sangat memberikan dampak baik kepada kami dalam program pertanian," tutupnya

Untuk diketahui hadir pada kegiatan tersebut Ketua Persit KCK Koorcab Rem 17 PD XVII/Cenderawasih, Kasrem 174/ATW Kolonel Inf. Frits W.R. Pelamonia dan Kasiter Kasrem Kolonel Inf. Lambert J. Mailoa.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut