get app
inews
Aa Read Next : Sepak Takraw POP SMA/SMK Se-Papua Selatan 2024 Resmi Dibuka Ketua Panitia Moses Maniagasi

Ketum Akuatik Indonesia Pengprov Papua Selatan Resmi Membuka Gubernur CUP 1 Papua Selatan

Senin, 18 Desember 2023 | 17:17 WIB
header img
Foto penyerahan medali dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba renang gubernur Papua Selatan CUP 1 tahun 2023. Foto: M. Syahrir Muslimin

MERAUKE, iNewsJayapura.id – Ketua umum Akuatik Indonesia pengurus provinsi papua selatan Agus Eko Prasetyo membuka secara resmi kejuaraan renang Gubenur Papua Selatan CUP 1 tahun 2023 selama 2 hari,Bertempat di Kolam Renang Mini Water Park Kelapa Gading Jl. Seringgu Merauke, 18-19 Desember 2023.

Kejuaraan renang ini mengikutsertakan 118 peserta atau atlet renang dari 8 klub renang dan melibatkan institusi TNI/Polri serta instansi se-Papua dan Papua Selatan,diantaranya dua klub dari Jayapura dan 6 klub Kabupaten Merauke papua selatan.

Ketua Umum Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan Agus Eko Prasetyo melalui Bidang Teknik Renang, Fathurohim menyebutkan bahwa Kejuaraan Renang Gubernur Papua Selatan Cup I 2023 mengikutkan enam (6) kategori berdasarkan kelompok umur (KU) yakni kategori senior, KU-I, KU-II, KU-III, KU-IV, dan kategori Master baik putera maupun puteri," Senin (18/12/2023).

“Kategori yang diterapkan di sini ada ketentuan yang berlaku secara nasional. Kategori Senior (19 tahun ke atas), KU-I (16-18 tahun), KU-II (14-15 tahun), KU-III (12-13 tahun), KU-IV (11 tahun ke bawah) dan kategori Master (40 tahun ke atas). Khusus kelas Master tidak untuk memperebutkan tropi kejuaraan, tetapi sebagai partisipan.

“Sedangkan nomor gaya yang diperlombakan adalah 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, 4X50 meter estafet gaya bebas dan 4X50 meter estafet gaya ganti. Kita berharap para atlet bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam kejuaraan ini,”ucapnya

Di hari pertama, berlomba 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya punggung dan 4X50 meter gaya bebas (putera-puteri) untuk semua kategori kelompok umur (KU). Sedangkan di hari kedua, berlomba 50 meter gaya dada dan 50 meter gaya kupu-kupu dan 4X50 meter gaya ganti (putera puteri)."pungkasnya

Sementara itu Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan Samuel Bernard Tanalepy mengungkapkan Kejuaraan Renang Gubernur Papua Selatan Cup l tahun 2023 menjadi ajang bergengsi untuk mengembangkan olahraga Akuatik di tanah Papua Selatan.

“Kita sangat bersyukur kepada Pj. Gubernur Papua Selatan selaku Ketua Umum KONI yang telah memberi kesempatan kepada kita untuk menggelar kejuaraan renang Gubernur Cup I."ucapnya

“Ini suatu momentum yang sangat bagus untuk bisa mengembangkan olahraga Akuatik di Papua Selatan,” kata Samuel Tanalepy kepada wartawan Kolam Renang Mini Water Park Kelapa Gading Merauke.

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut