get app
inews
Aa Read Next : Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Tingkat Provinsi Papua Pegunungan Diskors

KPU Yahukimo : Logistik Pemilu 2024 Telah Terdistribusi 100 Persen

Kamis, 15 Februari 2024 | 12:12 WIB
header img
Distribusi logistik Pemilu 2024 di Yahukimo menggunakan pesawat. Foto : Paul Karma

YAHUKIMO, iNewsJayapura.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Yahukimo, Penas Bahabol, menyebut bahwa proses pendistribusian logistik Pemilu tahun 2024 di 51 Distrik di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, telah mencapai 100 persen.

"Pada tanggal 13 Februari 2024 sesuai dengan jadwal, KPU Yahukimo telah mendistribusikan logistik pemilu ke distrik-distrik, meskipun sempat terkendala cuaca," kata Penas.

Dia mengatakan bahwa pemilu tahun ini terdapat penambahan distrik yang logistiknya belum terdistribusi hingga hari pencoblosan. "Sebelumnya terdapat 15 distrik yang belum terdistribusi logistik," ucapnya, Rabu (14/2/2024).

Sementara, di Distrik Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo, terjadi keterlambatan pendistribusian logistik lantaran persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kurang optimal, dan adanya pemalakan dan pemindahan TPS.

"Dari hasil pemantauan kami, baru 50 persen TPS di Distrik Dekai yang sudah siap, sedangkan yang lainnya belum. Kami masih menunggu persiapan TPS oleh KPPS. Meskipun anggaran untuk penyiapan TPS telah diberikan, namun kerja KPPS terbilang kurang maksimal," jelasnya.

Panus Yahuli selaku Komisioner KPUD Yahukimo Bidang Komisi Divisi Teknisi, menyatakan bahwa pihaknya telah mendistribusikan surat berita acara bersamaan dengan logistik di masing-masing distrik meskipun sempat beredar isu soal tidak adanya pendistribusian surat berita acara.

"Ada sekelompok orang yang mengklaim bahwa surat berita acara tidak didistribusikan oleh KPU, namun hal tersebut tidak benar. Kami telah memastikan bahwa semua telah tersalurkan," kata Panus.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut