get app
inews
Aa Read Next : KPU Papua Pegunungan Gelar Rekapitulasi PSU di Jayawijaya

Logistik Pemilu PSU Tiba di Jayawijaya

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:20 WIB
header img
Logistik Pemilu untuk PSU 94 TPS di Jayawijaya diangkut menggunakan truk ke Kantor KPU Jayawijaya, Rabu 21 Februari 2024. Foto : Darul Muttaqin

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Logistik Pemilu 2024 untuk pemungutan suara ulang atau PSU di dua distrik di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan telah tiba di kantor KPU Jayawijaya pada Rabu (21/2/2024).

Sebelumnya, logistik sebanyak 199 koli tersebut diangkut dari Jayapura menggunakan pesawat  kargo milik maskapai Rimbun Air tiba di Bandara Wamena sekitar pukul 14.30 WIT, kemudian dibawa ke kantor KPU menggunakan truk, dikawal ketat aparat keamanan.

Ketua KPU Jayawijaya, Tinus Wuka mengatakan bahwa logistik tersebut akan digunakan untuk Distrik Wamena tersebar di tiga kelurahan, yaitu Sinakma 2 TPS, Sinapuk 16 TPS, Wamena Kota 72 TPS.


Logistik Pemilu untuk PSU 94 TPS tiba di kantor KPU Jayawijaya, Rabu 21 Februari 2024. Foto : Darul Muttaqin
 

"Kemudian di Distrik Hubikiak sebanyak 4 TPS terdapat di Kampung Musaima Dua. Jadi total 94 TPS yang akan melakukan PSU," jelas Tinus.

Tinus mengatakan, setelah tiba di kantor KPU, pihaknya akan melakukan pelipatan surat suara dan diawasi langsung oleh Bawaslu.

Sementara itu, Komisioner KPU Jayawijaya Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Agustinus Arongggear mengatakan bahwa setelah adanya rekomendasi Bawaslu terkait PSU, pihaknya telah melakukan penentuan titik koordinat setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan melaksanakan PSU.


Bawaslu Jayawijaya melakukan pengecekan logistik Pemilu 2024 untuk PSU di 94 TPS di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Foto : Darul Muttaqin
 

Dia menyebut, sehari sebelum pelaksanaan PSU berlangsung, pihaknya akan menyebarkan undangan untuk setiap pemilih agar menyalurkan hak suaranya.

Sebelumnya, KPU Provinsi Papua Pegunungan menetapkan pelaksanaan pemungutan suara ulang atau PSU di 93 TPS di Distrik Wamena dan Hubikiak, Kabupaten Jayawijaya pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Komisioner KPU Papua Pegunungan, Divisi Teknis Penyelenggara, Melkianus Kambu mengatakan jadwal pelaksanaan PSU tersebut berdasarkan rekomendasi Bawaslu Kabupaten Jayawijaya terhitung selama 10 hari dari pelaksanaan pemungutan suara 14 Februari lalu.

Terkait logistik Pemilu seperti kotak surat suara, surat suara Presiden dan anggota legislatif tingkat pusat hingga daerah, Melkianus bilang akan tiba Rabu, 21 Februari 2024.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut