get app
inews
Aa Read Next : Dua Instruksi Penting PKS untuk Menangkan JBR – Hadir di Pilkada Kota Jayapura

Sempat Diskors, Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Provinsi Papua Pegunungan Dilanjutkan

Jum'at, 08 Maret 2024 | 18:59 WIB
header img
Rapat Pleno Rekapitulasi tingkat Provinsi Papua Pegunungan dilanjutkan. Foto : Darul Muttaqin

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Pegunungan mulai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 pada Kamis (7/3/2024) sore.
Rapat pleno dilaksanakan di Hotel Baliem Pilamo Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan ditargetkan rampung pada 10 Maret 2024.

Rapat pleno tersebut telah dibuka pada Senin (26/2/2024), namun sempat diskors lantaran  belum ada Kabupaten yang menyelesaikan pleno. Kabupaten Mamberamo Tengah menjadi pertama dilakukan penghitungan suar tingkat Provinsi Papua Pegunungan.

Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga mengatakan bahwa dalam sidang rekapitulasi terdapat saksi yang mengajukan keberatan dengan hasil yang disampaikan oleh KPU.

"Namun, wajib untuk disampaikan, karena sesuai aturan dalam PKPU, KPU Papua Pegunungan telah menyediakan formulir keberatan," ujar Daniel.


Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga saat diwawancara. Foto : Darul Muttaqin
 

Dalam rapat pleno terbuka perolehan suara Pilpres dan Caleg tersebut, hasil perolehan suara untuk calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah tidak dibacakan lantaran telah dibacakan saat pleno tingkat kabupaten dan telah selesai.

"Yang dibacakan dari hasil pleno tingkat provinsi dari Kabupaten Mamberamo Tengah hanya suara Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPR Provinsi," jelas Melkianu Kambu selaku Komisioner KPU Papua Pegunungan Divisi Teknis Penyelenggara.

Secara teknis, kata Melkianus, untuk pelaksanaan pleno penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara dari Kabupaten Mamberamo Tengah di tingkat provinsi, sudah berjalan baik sesuai mekanisme dan undang undang yang berlaku.

Sementara itu, dari jadwal yang telah dikeluarkan KPU Papua Pegunungan, pleno selanjutnya dari Kabupaten Yahukimo yang akan berlangsung pada 9 Maret 2024, kemudian Kabupaten Pegunungan Bintang, Yalimo, dan Nduga, Tolikara, Lanny Jaya dan Kabupaten Jayawijaya pada 10 Maret 2024.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut